Kota-Kota Mana yang Paling Banyak Dikunjungi di Dunia?

Kota-Kota Mana yang Paling Banyak Dikunjungi di Dunia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Bangkok, Thailand/sofitel.accor.com
Bepergian ke luar negeri telah menjadi bagian gaya hidup sebagian besar orang di masa kini. Karenanya, berbagai kawasan di seluruh dunia pun diupayakan semenarik mungkin, dengan harapan dapat menarik minat para wisatawan untuk datang berkunjung. Kunjungan wisatawan akan mendatangkan banyak hal, karena kunjungan mereka sama artinya akan mendatangkan pemasukan.

Wisatawan atau turis membutuhkan penginapan, dan itu dapat membantu menghidupkan bisnis perhotelan. Mereka juga membutuhkan makanan serta minuman, yang artinya dapat menyokong usaha kuliner atau rumah makan.

Mereka juga tertarik dengan souvenir atau cenderamata daerah yang dikunjungi, dan itu artinya bisa menghidupkan usaha kerajinan lokal, dan lain-lain. Artinya, kunjungan wisatawan akan membantu menggerakkan roda ekonomi. Di atas semua itu, banyaknya wisatawan yang datang ke suatu kota dapat menaikkan prestise kota tersebut di mata dunia.

Keberhasilan suatu kota untuk menjadi destinasi favorit para wisatawan sering kali tidak hanya karena pemandangan atau fasilitas kota yang memadai, tapi juga ditunjang keamanan yang memungkinkan para turis merasa aman, juga keramahan penduduk yang memungkinkan wisatawan lebih nyaman, dan lain-lain.

Biasanya pula, tempat-tempat yang menjadi destinasi favorit para wisatawan juga memiliki ciri khas unik, semisal bangunan, kebudayaan, atau semacamnya.

Lalu kota-kota mana saja yang paling banyak dikunjungi para wisatawan di dunia?

Berdasarkan data The MasterCard Global Destination Cities Index, berikut ini sepuluh kota yang paling banyak dikunjungi di dunia.

London, Inggris

London tidak hanya terkenal sebagai pusat kota bisnis, tapi juga menjadi pusat wisata dunia. Ibu kota Inggris ini memiliki berbagai ikon yang telah terkenal, di antaranya London Eye, Big Ben, hingga Istana Buckingham.

Selain itu, London juga tampaknya memang telah bersiap menjadikan kotanya sebagai destinasi wisata, sehingga mampu menyuguhkan kenyamanan bagi pengunjung yang datang ke sana.

Dengan semua keindahan, persiapan, dan fasilitas yang dimiliki, London menjadi kota yang paling banyak dikunjungi di dunia, selama dua tahun berturut-turut. Pada 2015, London mampu menarik sekitar 18,8 juta turis asing, dan menghasilkan pemasukan mencapai 15 miliar poundsterling. Itu menjadikan London sebagai kota yang mendapatkan pemasukan tertinggi dari turisme di dunia.

Bangkok, Thailand

London menjadi kota yang paling banyak dikunjungi turis di dunia, selama dua tahun berturut-turut, yaitu pada tahun 2014 dan 2015. Sebelumnya, predikat itu dimiliki oleh Bangkok.

Juga selama dua tahun berturut-turut, pada 2012 dan 2013, Bangkok menjadi kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia. Kenyataan itu tentu hebat bagi Thailand khususnya, dan bagi kawasan Asia umumnya.

Pada tahun 2015, Bangkok berhasil mendatangkan 18,2 juta turis asing, dan kedatangan jutaan wisatawan itu memberi pemasukan sekitar 9 miliar poundsterling. Angka itu terbilang fantastis, mengingat biaya akomodasi dan harga-harga di Bangkok relatif murah, dibandingkan kota-kota lain yang juga menjadi tujuan turisme.

Paris, Prancis

Menara Eiffel, yang menjadi ikon Paris, tampaknya masih menjadi daya tarik besar bagi para wisatawan dunia. Tapi Paris tidak hanya memiliki menara.

Kota yang dijuluki paling romantis di dunia ini juga memiliki bangunan-bangunan bersejarah, jalanan-jalanan unik, serta deretan toko-toko yang sangat menarik. Belum lagi pagelaran fashion yang sering diadakan di sana.

Dengan segala kelebihan dan daya tarik yang dimiliki, Paris tercatat mampu mendatangkan turis mencapai 16,1 juta orang pada tahun 2015.

Dubai, Uni Emirat Arab

Dalam satu dekade terakhir, Dubai terus merias diri hingga tampil semewah dan secantik mungkin. Kenyataannya, kota ini memang berambisi membangun industri pariwisata yang mewah. Upaya itu sepertinya berhasil, karena pada 2015 Dubai berhasil menarik 14,3 juta turis asing untuk datang ke kota tempat berdirinya Burj Khalifa tersebut.

Umumnya, para wisatawan yang datang ke Dubai memang ingin menyaksikan kemewahan modern yang sulit ditemukan di tempat lain. Karena itu pula, Dubai menyediakan hotel-hotel super mewah, gedung-gedung tertinggi di dunia, hingga pulau buatan yang sangat menakjubkan.

Istambul, Turki

Sebagian wilayah Istambul berada di kawasan Asia, sementara sebagian lagi berada di kawasan Eropa. Letak yang unik itu menjadikan Istambul mudah dijangkau dari mana saja, dan hal itu berdampak pada harga tiket pesawat yang relatif murah untuk wisatawan yang berasal dari Asia maupun dari Eropa.

Selain biaya transportasi yang relatif terjangkau bagi banyak orang, Istambul juga menyediakan penginapan yang relatif murah. Hal itu, ditunjang dengan dengan cuaca yang bersahabat, beragam atraksi lokal yang menarik, dan berbagai daya tarik lain, menjadikan Istambul berhasil menarik 12,6 juta turis asing pada 2015, yang secara telak mengalahkan New York.

New York, Amerika Serikat

Kota yang dijuluki Big Apple ini adalah kawasan mewah yang selalu sibuk dan tak pernah tidur. New York menjadi destinasi favorit wisatawan karena kemodernan yang dimilikinya, selain ikon-ikon terkenal yang dimiliki kota ini, seperti Patung Liberty dan Time Square.

Pada 2015, New York dikunjungi oleh 12,3 juta turis asing. Jumlah ini tentu di bawah kota-kota lain yang telah disebut sebelumnya. Namun, New York adalah kota mahal.

Karenanya, meski jumlah wisatawan yang mengunjungi kota ini relatif lebih sedikit, namun uang yang dihamburkan wisatawan di New York mencapai jumlah besar. Tercatat, New York mendapat pemasukan mencapai 12 miliar poundsterling dari turisme tahun 2015.

Singapura

Terkenal sebagai kota mahal tidak menyurutkan banyak wisatawan berdatangan ke Singapura. Pulau kecil yang ada di Asia Tenggara ini kenyataannya memiliki daya tarik dan kemewahan yang membuat orang-orang dari berbagai belahan dunia berkunjung ke sana. Pada 2015, Singapura berhasil menarik kunjungan 11,9 juta wisatawan asing.

Tak jauh beda dengan Dubai, Singapura juga banyak mengembangkan pariwisata kota, semisal Marina Bay, Clarke Quay, dan Gardens by the Bay, yang saat ini telah menjadi ikon wisata mereka.

Selain itu, Singapua juga menginvestasikan banyak biaya untuk menyediakan fasilitas umum yang modern sekaligus menarik, meliputi hotel dan lain-lain. Bahkan Bandara Changi di Singapura menjadi salah satu bandara terbaik di dunia, sementara Singapore Airlines—salah satu maskapai penerbangan Singapura—menjadi maskapai terbaik di dunia.

Kuala Lumpur, Malaysia

Indonesia tampaknya perlu belajar pada negara tetangga, Malaysia, dalam hal menarik kunjungan wisatawan dunia. Kuala Lumpur masuk dalam daftar 10 kota yang paling banyak menarik kunjungan turis asing, dan kota ini mendatangkan setidaknya 11,1 juta wisatawan.

Dengan jumlah kunjungan sebanyak itu, Kuala Lumpur bisa memperoleh pemasukan mencapai 8,5 miliar poundsterling dari industri turisme, meliputi biaya hotel, transportasi, makanan, sampai oleh-oleh dan cenderamata.

Seoul, Korea Selatan

Pada tahun 2011, jumlah wisatawan yang datang ke Seoul “cuma” 6,6 juta orang. Tapi Seoul tampaknya serius menggarap industri pariwisatanya. Dalam lima tahun terakhir, jumlah kunjungan wisatawan ke Seoul terus meningkat.

Pada 2015, total wisatawan asing yang datang ke Seoul mencapai 10,5 juta orang. Kini, Seoul telah berhasil membangun citra sebagai kawasan destinasi wisata kelas dunia.

Hong Kong

Tak jauh beda dengan Singapura, Hong Kong adalah kota wisata yang menyuguhkan keindahan kawasan perkotaan. Hong Kong juga melengkapi deretan kota di Asia yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan dunia.

Pada 2015, Hong Kong berhasil menarik 8,7 juta wisatawan yang menghamburkan banyak uang untuk menginap di hotel-hotel mewah di sana.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 1142732622074524596

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item