Apa Perbedaan Lada, Merica, dan Ketumbar?

Apa Perbedaan Lada, Merica, dan Ketumbar? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/resepkoki.id
Lada, merica, dan ketumbar, adalah tiga nama yang lekat dengan bumbu dapur, karena fungsinya memang untuk melengkapi atau menyedapkan masakan. Apa perbedaannya?

Merica dan lada sebenarnya dua nama yang merujuk pada bumbu yang sama. Merica memiliki bentuk bulat, dengan tekstur sedikit keras. Ada merica berwarna hitam, juga putih, dan sama-sama memiliki aroma yang menyengat. Merica atau lada juga memiliki rasa pedas.

Umumnya, merica atau lada dimanfaatkan untuk membuat masakan seperti sayur sup, tumis, dan masakan lain, dengan cita rasa kuat.

Seperti yang disebut tadi, merica atau lada adalah dua nama yang merujuk pada satu bumbu yang sama. Bedanya, merica merujuk pada bumbu yang masih utuh. Sementara lada adalah istilah yang digunakan untuk menyebut merica yang telah dihaluskan hingga menjadi bubuk.

Bagaimana dengan ketumbar?

Sekilas, ketumbar memiliki wujud mirip dengan merica, namun butiran ketumbar lebih kecil, dengan tekstur lebih lembut dan gampang retak karena bagian tengahnya kosong.

Umumnya, ketumbar digunakan untuk bumbu masakan ringan seperti tempe goreng, tahu goreng, ikan goreng, ayam goreng, dan masakan goreng lainnya. Selain itu, karena memiliki aroma ringan yang khas, ketumbar juga digunakan untuk penguat rasa dalam masakan. Terkhir, ketumbar tidak sepedas merica.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 4769032840508135243

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item