Mengapa Bentuk dan Rasa Kurma Berbeda-beda?

Mengapa Bentuk dan Rasa Kurma Berbeda-beda? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Kurma adalah buah khas yang lekat dengan Ramadan, dan biasanya dijadikan makanan untuk berbuka puasa. Jika diperhatikan, kurma memiliki aneka bentuk, warna, serta cita rasa yang berbeda. Ada yang warnanya kemerahan, kehitaman, atau kecokelatan. Ada yang sangat manis, ada yang manisnya biasa-biasa saja, dan lain-lain.

Kenapa bentuk, warna, dan cita rasa kurma bisa berbeda-beda?

Perbedaan yang terjadi pada kurma dipengaruhi oleh tempat kurma itu tumbuh. Beda tempat tumbuh, bisa menjadikan bentuk dan cita rasa kurma berbeda. Kenyataannya, kurma memang memiliki beberapa jenis yang dikenal, dengan ciri khas masing-masing. Berikut ini di antaranya.

Halawi

Halawi adalah jenis kurma yang memiliki cita rasa manis seperti madu. Halawi—yang artinya ‘manis’—merupakan salah satu varietas kurma yang berasal dari Irak. Kurma Halawi punya daging yang tebal, lembut, dan berwarna keemasan.

Medjool

Kurma Medjool punya ukuran besar dengan daging legit dan lembut, sementara warnanya cokelat kemerahan, dengan rasa mirip karamel. Di Maroko, kurma jenis ini sering dijadikan salah satu bahan dalam pembuatan masakan.

Kurma Medjool berasal dari Maroko, namun kini juga tumbuh di daerah hangat di AS, Timur Tengah, Asia Selatan, dan Afrika. Biasanya kurma ini dijual agak kering, tapi dagingnya masih lembut dan lengket. Semakin kering, kurma Medjool terasa makin manis.

Deglet Noor

Memiliki cita rasa yang otentik, lain dari yang lain, kurma Deglet Noor punya tekstur setengah kering. Kurma jenis ini populer di negara seperti Aljazair, Libya, dan Tunisia, dan kerap digunakan sebagai bahan untuk memberi cita rasa pada masakan.

Zahidi

Kurma Zahidi memiliki ciri warna cokelat keemasan, lebih muda dari jenis kurma lainnya. Berasal dari Irak bagian utara, kurma jenis ini juga kerap digunakan sebagai pemberi cita rasa pada masakan.

Ajwa

Di antara yang lain, kurma Ajwa bisa jadi paling terkenal, khususnya di Indonesia. Berbentuk kecil dengan warna gelap, kurma Ajwa memiliki daging yang lebih kering. Kurma jenis ini banyak dibudidayakan di Madinah, dan dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan.

Khudri

Kurma Khudri memiliki ciri warna cokelat tua, dan tumbuh di hampir semua penjuru Arab Saudi. Kurma jenis ini juga populer, karena harganya relatif murah dibanding jenis kurma yang lain.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 8190756877248443478

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item