Kota-Kota Ternyaman dan Paling Tak Nyaman di Dunia

Kota-Kota Ternyaman dan Paling Tak Nyaman di Dunia, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Melbourne, Australia/aarp.org
Kota yang nyaman ditinggali adalah kota yang memberikan jaminan keamanan, kebersihan, kesehatan, dan lain-lain. Sebaliknya, kota yang nyaman ditinggali jauh dari peperangan, terorisme, dan hal-hal lain terkait kriminalitas. Kenyataan itu juga disetujui oleh The Economist Intelligence Unit (EIU), sebuah lembaga yang intens dalam memantau tingkat keamanan serta kenyamanan kota-kota di dunia.

The Economist Intelligence Unit melakukan studi terhadap 140 kota di seluruh penjuru dunia, untuk menentukan kota-kota mana saja yang bisa dianggap paling nyaman untuk dihuni. Dalam studi yang dilakukan, mereka menggunakan rentang skala skor 100 untuk yang terbaik, dan nol untuk terburuk.

Ada 30 faktor yang diukur, di antaranya terkait dengan keamanan, pelayanan kesehatan, sumber daya pendidikan, infrastruktur, dan lingkungan perkotaan. Berikut ini sepuluh kota paling nyaman untuk dihuni, menurut studi The Economist Intelligence Unit:
  1. Melbourne, Australia
  2. Wina, Austria
  3. Vancouver, Kanada
  4. Toronto, Kanada
  5. Calgary, Kanada
  6. Adelaide, Australia
  7. Perth, Australia
  8. Auckland, Selandia Baru
  9. Helsinki, Finlandia 
  10. Hamburg, Jerman

Seperti yang disebut tadi, The Economist Intelligence Unit menggunakan rentang skala skor yang dimulai angka 100 untuk yang ternyaman, dan 0 untuk yang tidak ternyaman. Karenanya, dalam studi yang mereka lakukan juga ditemukan kota-kota yang dianggap paling tidak nyaman untuk dihuni.

Hal penting yang terkait dengan kota-kota tidak nyaman adalah terorisme. EIU mencatat, isu terorisme yang mencuat akhir-akhir ini telah menurunkan kualitas layak hidup 29 kota dari 140 kota yang masuk studi mereka. Sejak awal Januari 2016 hingga studi dilakukan, tidak kurang dari seribu laporan muncul terkait teroris.

Negara-negara yang terdampak isu tersebut juga cukup besar, antara lain Prancis, Turki, Amerika Serikat, dan Belgia. Khusus untuk Amerika, gejolak rasial ikut menurunkan peringkat kota-kota di sana, sehingga tak masuk 10 besar. Selain isu terorisme, perang juga menjadikan beberapa kota menempati peringkat teratas sebagai kota paling tidak nyaman untuk dihuni.

Lalu, kota mana saja yang dinilai paling tidak nyaman di dunia? Berikut ini daftarnya, berdasarkan studi The Economist Intelligence Unit:
  1. Damaskus, Suriah
  2. Tripoli, Libya
  3. Lagos, Nigeria
  4. Dhaka, Bangladesh 
  5. Port Moresby, Papua Nugini
  6. Algiers, Aljazair
  7. Karachi, Pakistan
  8. Harare, Zimbabwe
  9. Douala, Kamerun
  10. Kiev, Ukraina

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 8651304399087653873

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item