Bagaimana Negara-negara Selain Indonesia Membuat Batik?

Bagaimana Negara-negara Selain Indonesia Membuat Batik? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/gotravelly.com
Batik telah dikenal sebagai tradisi Indonesia. Namun, ada negara-negara lain yang juga memiliki seni kerajinan serupa, yaitu menerakan lilin pada permukaan kain atau benda lain, meski mereka mungkin tidak menyebutnya batik. Beberapa negara yang juga memiliki kerajinan ala batik di antaranya adalah India, Sri Lanka, Thailand, Malaysia, China, Afrika, dan Ukraina.

Di China, kerajinan ala batik dan produksinya telah dikenal sejak abad ke-6. Saat ini, seni membuat kerajinan ala batik masih terus ada di China, di antaranya dikerjakan oleh kelompok etnis minoritas yang tinggal di Provinsi Guizhou.

Jika batik di Indonesia, khususnya di Jawa, umumnya bergambar burung dan bunga, “batik” di China kebanyakan bergambar naga, burung phoenix, dan bunga. Mereka juga kerap melukis motif yang lebih sederhana, berbentuk spiral mirip tanduk kerbau, yang menjadi perlambang kehidupan dan kematian nenek moyang mereka.

Negara-negara di Afrika juga mengenal seni menggambar pada permukaan kain, dan tradisi itu khususnya sangat berkembang di Nigeria. Di sana, orang-orang dari Suku Yoruba biasa membuat busana yang indah berdasarkan kain bergambar yang dibuat sendiri.

Yang unik, orang-orang di Nigeria membuat gambar di permukaan kain tidak menggunakan lilin seperti orang Indonesia, melainkan menggunakan pasta yang terbuat dari bahan alami. Pasta itu umumnya terbuat dari pati singkong, beras, dan bahan-bahan lain yang direbus untuk menghasilkan pasta kental yang halus.

Motif batik Nigeria umumnya berkisar dari bentuk geometri yang abstrak dan gambar-gambar figuratif.

Berbeda dengan China dan Nigeria, masyarakat Ukraina juga mengenal tradisi menggambar mirip membatik, namun pada media telur. Tradisi melukis telur telah dikenal masyarakat Ukraina sejak ribuan tahun lalu, dan telah menjadi bagian integral dari perayaan festival musim semi.

Masyarakat Ukraina biasa melukis telur dengan menerakan lilin pada cangkang telur hingga membentuk motif. Telur berhias gambar itu disebut pysanky. Motif yang kerap terlihat kompleks dan detail membuat proses pembuatan “telur batik” harus dilakukan berkali-kali secara bertahap, dan membutuhkan waktu lama.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 8463812542507844769

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

Hati-hati di Dunia Maya

Hati-hati di dunia maya. Orang yang kita sangka baik dan tampak seperti teman, ternyata bisa penjahat yang berbahaya.

Silakan baca:
item