Mengapa Orang Suka Ngulet Saat Bangun Tidur?

Mengapa Orang Suka Ngulet Saat Bangun Tidur? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/klikdokter.com
Saat bangun tidur di pagi hari, setelah terlelap semalam, rata-rata orang akan ngulet atau meregangkan tubuh. Kebiasaan ngulet itu bisa jadi karena dorongan tubuh, sehingga orang akan otomatis melakukannya, meski tidak tahu apa tujuannya. Intinya, rata-rata orang merasakan badan lebih nyaman setelah ngulet, jadi mereka terus melakukannya.

Kenyataannya, ngulet atau meregangkan tubuh setelah bangun tidur memang memiliki manfaat bagi tubuh, terutama untuk membuat tubuh benar-benar “bangun” setelah tidur semalaman.

Setelah tidur sampai setidaknya 7 atau 8 jam, kita sering terbangun dalam kondisi kaku dan otot tegang. Kondisi itu biasanya disebabkan karena tidur dalam posisi berbaring yang sama, dalam waktu yang lama.

Ketika kemudian terbangun dari tidur, dan merasakan otot-otot kaku, secara tak sadar kita akan meregangkan tubuh untuk mengembalikan fleksibilitas di tangan, belakang leher, juga kaki. Otot yang lebih fleksibel membuat kita terbangun lebih mudah dari tempat tidur, dan lebih bersemangat (tidak lagi malas-malasan).

Selain menjadikan otot-otot tubuh lebih rileks, meregangkan tubuh saat bangun tidur juga membantu meningkatkan sirkulasi darah. Ketika melakukan peregangan, darah di tubuh kita akan bergerak lebih cepat dan beredar ke otot-otot. Sirkulasi darah yang baik akan membantu kita bergerak, dan menjalankan fungsi-fungsi tubuh dengan baik.

Akhirnya, peregangan tubuh tidak hanya membantu otot lebih rileks dan peredaran darah lebih lancar, tapi juga menurunkan tingkat stres. Bisa jadi, karena ada hal-hal tertentu, kita malas bangun dari tempat tidur. Dengan melakukan peregangan yang cukup, tubuh kita akan lebih rileks, dan itu membantu pikiran ikut rileks, sehingga kita bisa berpikir lebih positif.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 385833907613636666

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item