Benarkah Sering Menangis Bisa Menyebabkan Mata Kering?

Benarkah Sering Menangis Bisa Menyebabkan Mata Kering?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/medcom.id
Mata kita memiliki lapisan air, dan karena itulah mata kadang-kadang membasah. Sementara menangis menjadikan mata mengeluarkan air mata. Karena hal itu, sebagian orang bertanya-tanya, apakah sering menangis bisa menyebabkan mata kering?

Air mata manusia memiliki tiga lapisan dengan komposisi berbeda. Lapisan pertama adalah mucin layer atau lapisan lendir, yaitu lapisan paling dalam. Yang kedua adalah aqueous layer atau lapisan air. Yang terakhir adalah lipid layer atau lapisan minyak. Tiga lapisan pada air mata manusia itu memiliki jumlah yang tepat dan berfungsi dengan baik, sehingga bisa menjalankan perannya dengan baik pula.

Di antara peran air mata adalah untuk mencegah kekeringan pada mata, mengirigasi mata, menjaga agar mata tetap steril, menutrisi mata, dan menjaga agar permukaan mata tetap rata, sehingga penglihatan kita juga baik.

Jika komposisi ketiga lapisan air mata tidak seimbang, fungsinya pun tidak akan berjalan dengan baik. Salah satu akibat yang bisa ditimbulkan adalah kondisi dry eyes atau mata kering.

Kondisi mata kering berkaitan erat dengan kualitas dan kuantitas pada lapisan air mata yang mengalami gangguan. Meski begitu, kondisi mata kering tidak disebabkan karena seseorang terlalu sering menangis.

Menangis atau mengeluarkan air mata terjadi karena ada faktor emosional, seperti sedih, terharu, dan semacamnya. Sementara produksi air mata yang secara kontinyu dihasilkan organ-organ di mata berbeda, karena mekanismenya juga berbeda. Jadi, kalau pun seseorang mengalami masalah mata kering, itu bukan disebabkan karena sering menangis.

Meski mungkin terdengar masalah ringan, mata kering telah menjadi masalah kesehatan serius yang menimpa banyak orang. Laporan TFOS DEWS II Epidemiology Report menyatakan bahwa prevalensi mata kering di dunia sekitar 20 sampai 50 persen dari total populasi. Hal ini mengindikasikan bahwa mata kering telah menjadi permasalahan kesehatan yang tumbuh secara signifikan di seluruh dunia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 3940467325033219627

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item