Kota-Kota di Indonesia dan Kembarannya di Dunia

Kota-Kota di Indonesia dan Kembarannya di Dunia, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/traveloka.com
Bandung, salah satu kota di Indonesia, sudah lama terkenal dengan sebutan “Paris van Java”, karena Bandung memiliki keindahan serupa Paris di Prancis. Namun, itu hanya sekadar sebutan atau pujian, sehingga Bandung dan Paris bisa dibilang tidak terikat hubungan apa pun. Hal itu berbeda dengan sister city atau kota kembar.

Dalam lingkup pemerintahan suatu negara, ada istilah yang disebut sister city atau kota kembar, yaitu konsep keterikatan dua kota yang ada di lokasi dan administrasi politik berbeda. Dengan kata lain, sister city adalah dua kota (atau lebih) yang ada di negara berbeda, namun saling menjalin hubungan, khususnya di bidang kebudayaan, serta kontrak sosial di antara penduduk.

Kerja sama di antara sister city terjalin karena adanya kesamaan demografi serta hal-hal yang dihadapi masing-masing kota, baik antar-wilayah, provinsi, maupun negara. Terkait hal itu, berikut ini adalah kota-kota di Indonesia yang memiliki sister city atau kota kembar di negara-negara lain.

Surabaya dengan Kochi

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia, yang ada di Jawa Timur. Sementara Kochi adalah ibu kota Prefektur Kochi yang berada di Pulau Shikoku, bagian selatan Kepulauan Jepang. Dua kota tersebut telah menjalin kerja sama sebagai sister city, sejak tahun 1997. Bentuk kerja sama yang dilakukan termasuk di bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan. 

Pemerintah Kota Surabaya juga intens menjalin hubungan pemerintah Kota Kochi, dan mereka aktif mengadakan pelatihan di bidang tata kelola pemerintahan, pertukaran kebudayaan, sampai menjalin kerja sama di bidang ekspor impor.

Malang dengan Varazdin

Sama seperti Surabaya, Malang adalah kota di Indonesia yang terletak di Jawa Timur. Sedangkan Varazdin adalah kota seluas 34,22 kilometer persegi di Kroasia bagian utara, berjarak 81 kilometer dari kota Zagreb.

Pada tahun 2015, dua kota berbeda negara itu menjalin kerja sama sebagai sister city. Kerja sama itu dilatari karena masing-masing kota memiliki kesamaan, khususnya dalam banyaknya peninggalan bangunan bersejarah, yang masih terpelihara dan terawat sampai sekarang. 

Selain itu, Malang serta Varazdin juga menjalin kerja sama yang mencakup banyak bidang, dengan tujuan untuk mengembangkan potensi masing-masing kota. 

Yogya dengan Kyoto

Yogya atau Yogyakarta adalah kota di Jawa Tengah, Indonesia, sementara Kyoto adalah salah satu kota terkenal di Jepang. Kesamaan keduanya ada pada image masing-masing kota, yaitu sebagai kota kebudayaan. 

Yogya adalah satu-satunya kota di Indonesia yang menjadi anggota Liga Kota-Kota Bersejarah atau League of Historical Cities (LHC), yang berpusat di Kyoto, Jepang.

Menyadari keduanya sama-sama memiliki kesamaan, khususnya dalam hal kebudayaan, Yogya dan Kyoto kemudian menjalin hubungan sebagai sister city, dengan tujuan untuk saling bekerja sama dalam bidang kebudayaan.

Semarang dengan Brisbane

Semarang terkenal dengan Kota Lama yang mendapatkan julukan Little Netherland, karena terdapat banyak bangunan peninggalan Belanda di kawasan tersebut. Meski begitu, Semarang tidak menjalin hubungan sebagai sister city dengan Belanda, meski kota ini menjalin kerja sama dengan banyak kota lain terkait sister city.

Ada beberapa kota yang menjalin hubungan sister city dengan Semarang, di antaranya Da Nang di Vietnam, Florida di Amerika Serikat, Melaka di Malaysia, Tegucigalpa di Honduras, sampai Brisbane di Australia. 

Di luar kota-kota yang ada di luar negeri, Semarang juga menjalin kerja sama serupa dengan Samarinda, Palu, serta Palangkaraya, yang sama-sama di Indonesia. Di antara hubungan dengan kota-kota lain, tampaknya hubungan dengan Brisbane yang paling menonjol.

Sudah lebih dari 20 tahun, Semarang menjalin hubungan sebagai sister city dengan Brisbane, dan kerja sama itu sepertinya makin harmonis. Kedua kota tersebut bahkan telah bersepakat untuk mengembangkan kawasan Kota Lama melalui investasi.

Palembang dengan Rotterdam

Palembang, ibu kota Sumatera Selatan, punya setidaknya 13 sister city yang tersebar di berbagai belahan dunia, meliputi San Francisco, Vancouver, Busan, Sapporo, Barcelona, dan lain-lain. Meski begitu, Palembang tampak paling intens dalam hubungan dengan Rotterdam, Belanda.

Kerjasama sister city antara Palembang dengan Rotterdam meliputi bidang pendidikan, pembangunan, dan beberapa bidang lainnya. Karena hubungan itu pula, banyak pelajar dan mahasiswa di antara dua kota yang saling bertukar pengalaman, hingga melakukan pertukaran pelajar di antara dua kota tersebut.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2041780029106050055

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item