Kota-Kota Mana yang Terbaik di Asia Tenggara?

Kota-Kota Mana yang Terbaik di Asia Tenggara?
Ilustrasi/planetware.com
Asia Tenggara memiliki banyak kota yang tersebar di banyak negara. Masing-masing kota memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung lokasi kota tersebut berada, keadaan alam, fasilitas dan infrastruktur, dan lain-lain. Masing-masing kota juga memiliki penduduk dalam jumlah berbeda-beda. 

Jika kita harus menentukan kota terbaik di Asia Tenggara, apa yang bisa dijadikan patokan?

Setidaknya ada beberapa hal penting yang dapat dijadikan ukuran untuk menentukan kota terbaik di Asia Tenggara, meliputi fasilitas kota, daya tarik, hingga modernisasi yang dimiliki, selayaknya kota metropolitan. Berdasarkan aspek-aspek tersebut, lima kota berikut ini bisa dianggap sebagai kota-kota terbaik di Asia Tenggara.

Jakarta, Indonesia

Di antara kota-kota lain di Asia Tenggara, Jakarta menempati peringkat teratas sebagai kota yang memiliki populasi terbesar. Jakarta juga menjadi kota dengan wilayah terbesar keempat di dunia, dan masuk dalam jajaran kota yang memiliki populasi terbanyak di dunia. 

Sebagai kota metropolitan, Jakarta telah akrab dengan modernisasi. Di sini ada banyak gedung pencakar langit, apartemen-apartemen mewah, tempat-tempat wisata, hingga Monumen Nasional yang menjadi ciri khas ibu kota Indonesia ini.

Kuala lumpur, Malaysia

Jika Jakarta menjadi ibu kota Indonesia, Kuala Lumpur menjadi ibu kota Malaysia. Jika Jakarta memiliki Monumen Nasional, Kuala Lumpur memiliki Menara Petronas. Menara kembar tersebut pernah memegang rekor sebagai menara tertinggi di dunia.

Ada banyak hal menarik di Kuala Lumpur, selain kenyataan bahwa kota itu tergolong indah. Di sana banyak bangunan bergaya Melayu-Arab dan bernuasa Islam, juga memiliki banyak pusat perbelanjaan yang sangat terkenal hingga menjadi tujuan wisata yang menarik. Selain itu, Kuala Lumpur juga memiliki fasilitas transportasi yang baik.

Singapura

Singapura adalah negara-kota terkecil di Asia Tenggara, tapi menjadi yang termakmur dengan pendapatan per kapita tertinggi di antara negara lain di kawasan ini. Tingkat perekonomian Singapura bahkan hampir setara dengan negara-negara maju di dunia. 

Di sana juga terdapat banyak gedung pencakar langit yang menjadi ciri khas kota modern. Selain bandara yang selalu sibuk, Singapura juga memiliki pelabuhan yang penting di bidang ekonomi dunia.

Bangkok, Thailand

Bangkok adalah ibu kota Thailand yang memiliki tingkat perekonomian dengan perkembangan sangat pesat. Pengaruh Buddha sangat kuat di kota ini, sehingga Bangkok memiliki banyak bangunan pagoda yang indah, yang menjadi salah satu daya tarik wisata. Selain itu, Bangkok juga terkenal dengan aneka buah-buahan yang populer di dunia.

Manila, Filipina

Sebagai ibu kota Filipina, Manila memiliki luas wilayah sekaligus populasi penduduk yang masuk dalam jajaran terbesar di dunia. Kota ini memiliki pemandangan indah karena adanya sungai besar yang membelah kota, dan gedung-gedung pencakar langit yang megah. 

Sebagai pusat ekonomi, Manila memiliki pasar-pasar besar yang selalu ramai, dan di sana juga terdapat aneka kuliner khas yang menarik banyak wisatawan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 9003435421548062782

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item