Dengan Badan Sangat Besar, Sesering apa Komodo Makan?

Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/matamatapolitik.com
Komodo, sebagaimana kita tahu, adalah spesies biawak besar yang ada di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. Komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dan termasuk satwa langka.

Rata-rata, komodo dewasa memiliki panjang sekitar 1 sampai 2 meter, dengan berat mencapai 100 kilogram. Dengan ukuran yang sangat besar, khususnya untuk ukuran kadal, sesering apa komodo makan?

Mungkin terdengar mengejutkan, karena ternyata komodo tidak sering makan. Berbeda dengan kebanyakan hewan lain yang biasa makan setiap hari atau bahkan sewaktu-waktu, komodo hanya makan sebulan sekali. Hal ini karena tubuh mereka sangat besar, sementara metabolismenya sangat lambat. Karenanya, komodo butuh waktu lama untuk bisa mencerna makanan.

Karena sangat jarang makan, bisa dibilang komodo tidak terlalu sering berburu makanan. Mereka makan bangkai, dan bisa mencium keberadaan bangkai dari jarak beberapa kilometer. Biasanya, setelah makan, mereka akan mencari sinar matahari untuk membantu proses pencernaannya.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Hewan Darat 8275527795049135993

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item