Mengapa Zodiak Leo Dilambangkan Seekor Singa?

Ilustrasi/pixabay.com
Sama seperti asal usul lambang zodiak Cancer yang berupa kepiting, lambang singa pada zodiak Leo juga berasal dari mitologi Yunani, khususnya terkait Hercules.

Leo adalah zodiak untuk orang yang lahir pada 23 Juli sampai 22 Agustus. Zodiak ini dilambangkan seekor singa. Bukan singa sembarangan, singa yang menjadi lambang zodiak Leo adalah Singa Nemean.

Dalam petualangan menyelesaikan tugasnya, musuh pertama yang dihadapi Hercules adalah Singa Nemean. Singa Nemean adalah singa berbulu emas, dan memiliki kulit yang tidak dapat ditembus senjata apa pun. Bagaimana mengalahkan singa dengan kekuatan super semacam itu?

Hercules akhirnya memenangkan pertarungan. Ia berhasil mengalahkan Singa Nemean dengan cara mencekiknya sampai mati. Setelah itu, Hercules mencabut cakar singa itu untuk morebek kulit si singa, dan menggunakan bulu emas milik si singa sebagai pakaiannya.

Atas pertarungan megah itu, Zeus kemudian memberikan sebuah tempat di rasi bintang untuk Singa Nemean, sebagai konstelasi Leo. 

Dalam kisah lain, yang menempatkan Singa Nemean di kalangan bintang adalah Hera, karena Hera itulah yang mengirim singa tersebut untuk bertarung dengan Hercules, dan Hera pula yang membesarkan singa itu.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Mitologi 9188294030669732561

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item