Wanita yang Emosional Cenderung Punya Banyak Anak

Ilustrasi/detik.com
Kemampuan reproduksi sering dikaitkan dengan kesehatan fisik. Namun tingkat reproduksi tampaknya juga terkait dengan kepribadian. Orang dengan kepribadian tertentu cenderung memiliki anak lebih banyak dibanding orang yang tidak punya kepribadian sama. Berdasarkan studi, wanita yang emosional dan pria yang suka bergaul cenderung punya banyak anak.

Para peneliti dari Universitas Sheffield mengumpulkan data dari empat desa di pedalaman Senegal. Mereka menganalisis hubungan antara kepribadian setiap pasangan rumah tangga dan jumlah anak serta kesehatan keturunannya. Analisis dilakukan dengan parameter lima sifat dasar manusia.

Penelitian itu menemukan bahwa wanita yang memiliki tingkat emosional tinggi, seperti mudah cemas, depresi, dan murung, memiliki anak 12 persen lebih banyak dibandingkan wanita yang memiliki emosi stabil. Kondisi ini banyak ditemui di kalangan keluarga dengan status sosial tinggi.

Sementara pria yang memiliki kepribadian ekstrover atau suka bergaul dengan lingkungan sosial, cenderung menghasilkan keturunan 14 persen lebih tinggi daripada pria yang memiliki kepribadian tertutup. 

Dr. Virpi Lummaa dari Universitas Sheffield menyatakan, “Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa kepribadian seseorang bisa dijadikan acuan untuk memprediksi jumlah keturunannya.” 

Dalam penelitian ini, Dr. Virpi Lummaa berkolaborasi dengan Dr. Alexandra Alvergne dari Departemen Antropologi Universitas College London, dan Markus Jokela dari Universitas Helsinki, Finlandia. Hasil studi mereka dipaparkan dalam National Academy of Sciences.

Hmm... bagaimana menurutmu?

Related

Studi 7353610507057220048

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item