Apa yang Disebut Ambideksteritas?

Ilustrasi/sehatq.com
Ambideksteritas adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan kedua tangan dengan sama-sama baik, tangan kanan maupun tangan kiri. Meski ambideksteritas lebih sering dikaitkan dengan kemampuan tangan, istilah ini sebenarnya juga bisa diterapkan untuk kemampuan yang sama pada kaki.

Umumnya, orang hanya menggunakan satu bagian tangan untuk lebih banyak kegiatan, dibanding tangan satunya. Kita mungkin termasuk yang lebih terbiasa menggunakan tangan kanan untuk banyak kegiatan, dibanding tangan kiri. Sementara orang kidal sebaliknya. 

Contoh paling mudah untuk hal ini adalah dalam kegiatan menulis. Ketika menulis, rata-rata orang akan menggunakan tangan kanan, sementara yang kidal menggunakan tangan kiri. Orang yang punya kemampuan ambideksteritas—disebut ambidextrous—bisa menggunakan tangan kanan maupun tangan kirinya untuk menulis, dalam waktu bersamaan, bahkan [pada beberapa orang] dalam dua bahasa berbeda.

Ambidextrous artinya “mampu menggunakan kedua tangan secara sama baik”. Kemampuan semacam itu tergolong langka, dan diperkirakan hanya ada 1 persen populasi dunia yang memilikinya.

Kata “ambidextrous” berasal dari bahasa Latin; ambi-, yang berarti “keduanya”, dan dexter, yang berarti “benar” atau “baik, aktif”. Karenanya, “ambidextrous” secara harfiah adalah “benar keduanya” atau “baik kedua-duanya”. 

Sekadar catatan, istilah ambidexter dalam bahasa Inggris pada awalnya digunakan dalam istilah hukum untuk juri yang menerima suap dari kedua belah pihak, untuk menghasilkan keputusan yang mereka inginkan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 7091004520968775181

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item