Mengapa Nyamuk Jadi Hewan Paling Mematikan di Dunia?

Mengapa Nyamuk Jadi Hewan Paling Mematikan di Dunia?
Ilustrasi/suara.com
Meski kecil, nyamuk sejak lama disebut sebagai hewan paling mematikan di dunia. Serangga ini membunuh setidaknya 700 ribu orang setiap tahun.

Yang menjadikan nyamuk berbahaya memang bukan ukurannya, tapi kemampuannya dalam membawa dan menularkan virus atau parasit lain yang menyebabkan penyakit mematikan. Jenis virus dan penyakit yang dibawanya pun bermacam-macam, termasuk malaria, demam berdarah, Japanese ensefalitis, sampai zika.

Malaria saja, yang ditularkan nyamuk Anopheles, setiap tahun membunuh 400.000 orang (terutama anak-anak), dan melumpuhkan 200 juta lainnya selama berhari-hari. Demam berdarah, yang juga ditularkan nyamuk, menyebabkan 50 hingga 100 juta kasus per tahun di seluruh dunia. Demam kuning, yang memiliki angka kematian tinggi, atau Japanese ensefalitis, menyebabkan lebih dari 10.000 kematian per tahun, sebagian besar di Asia.

Dalam 30 tahun terakhir, kasus demam berdarah di seluruh dunia telah meningkat 30 kali lipat. Empat puluh persen populasi dunia, sekitar 3 miliar orang, tinggal di daerah dengan risiko demam berdarah. Dengue sering menjadi penyebab utama penyakit di area berisiko.

Kemampuan nyamuk membawa virus dan penyakit didukung pula dengan kemampuan adaptasi yang tinggi. Nyatanya, nyamuk sangat pandai beradaptasi dengan lingkungan baru dan intervensi apa pun yang digunakan manusia untuk melawannya.

Misalnya, Aedes aegypti yang menjadi vektor demam kuning, zika, demam berdarah, dan lain-lain, telah beradaptasi dengan sangat baik pada lingkungan perkotaan. Nyamuk ini dapat bertelur di berbagai wadah di luar dan di dalam ruangan. 

Banyak spesies nyamuk, termasuk Anopheles, telah mengembangkan ketahanan terhadap berbagai insektisida yang banyak digunakan, dan telah mengubah kebiasaan makan mereka untuk menghindari rumah yang disemprot insektisida.

Ada lebih dari 2.500 spesies nyamuk, dan dapat ditemukan di setiap wilayah di dunia, kecuali Antartika. Meski kecil, nyamuk adalah makhluk yang sulit dihadapi, dan telah menjadi musuh terbesar manusia.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 2098964766164615722

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item