Mengapa Setir Mobil di Indonesia Ada di Kanan?

Ilustrasi/akupaham.com
Setiap mobil memiliki setir, dan posisi setir bisa berbeda antara satu negara dengan negara lain. Di Amerika, misalnya, posisi setir mobil ada di kiri. Sementara di Indonesia, posisi setir mobil ada di kanan. 

Kenapa posisi setir mobil di Indonesia ada di kanan?

Asal usulnya tak bisa dilepaskan dari penjajahan yang pernah dialami Indonesia di masa lalu. Seperti kita tahu, Indonesia pernah dijajah Belanda, dan negara itu menggunakan setir mobil di kanan. Orang Indonesia mengenal mobil juga dari orang-orang Belanda, hingga dari dulu akrab dengan posisi setir di sebelah kanan.

Napoleon dari Prancis memang pernah menjajah Belanda, dan pada masa itu Belanda kemudian mengubah posisi setir mobil ke kiri, seperti umumnya mobil di Prancis. Tapi perpindahan setir dari kanan ke kiri itu tidak diikuti negeri-negeri jajahan Belanda, seperti Indonesia dan Suriname. Jadi, sampai saat ini mobil-mobil yang berkeliaran di Indonesia menggunakan setir di kanan.

Setelah dijajah Belanda, Indonesia juga pernah dijajah Jepang. Sama seperti Belanda, Jepang juga menganut setir mobil di kanan. Karenanya, orang Indonesia makin mantap menggunakan setir kanan. Selain itu, kebanyakan negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Thailand, juga menggunakan setir kanan.

Selain Indonesia, beberapa negara lain yang menggunakan setir kanan adalah Malaysia, Thailand, Australia, Jepang, Singapura, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. Sementara Inggris menjadi satu-satunya negara di Eropa yang menggunakan setir kanan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 3205945701799626108

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item