Secara Ilmiah, Apa Perbedaan Air Mani dan Sperma?

Ilustrasi/theconversation.com
Meski mungkin banyak orang mengira keduanya sama, air mani dan sperma sebenarnya berbeda. Sperma adalah bagian dari air mani, tapi air mani bukan sperma.

Sperma adalah cairan yang mengandung sel-sel reproduksi pria yang berukuran mikroskopis. Ketika pria dan wanita melakukan hubungan seks, dan si pria ejakulasi, cairan sperma akan masuk ke sistem reproduksi wanita, dan—jika berhasil membuahi sel telur—akan membentuk janin.

Sementara air mani adalah cairan yang berisi sperma dan plasma lainnya. Air mani berfungsi sebagai ‘kendaraan’ bagi sperma untuk masuk ke dalam organ reproduksi wanita.

Di bawah mikroskop, sperma berbentuk seperti kecebong dan memiliki ekor, yang memungkinkannya bergerak leluasa menuju organ reproduksi wanita. Meski begitu, sperma tak bisa sampai ke sel telur jika tidak ada bantuan dari air mani.

Saat pria ejakulasi, rata-rata sperma yang terkandung dalam air mani sebanyak satu sendok teh. Meski mungkin terkesan sedikit, setidaknya ada 15 juta sel hidup dalam cairan tersebut. Sementara faktor-faktor seperti merokok, diet, genetika, dan kesehatan, secara keseluruhan dapat mempengaruhi volume air mani.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tubuh Manusia 8858676434605803400

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item