Siapa yang Memahat Wajah-wajah Presiden AS di Mount Rushmore?

Ilustrasi/pbs.org
Salah satu monumen unik yang ada di Amerika adalah Monumen Mount Rushmore, gunung granit yang menampakkan pahatan empat wajah Presiden Amerika Serikat dalam ukuran raksasa. Monumen yang juga terkenal dengan sebutan President’s Mountain itu terletak di Black Hills, daerah Keystone, South Dakota, AS.

Monumen Nasional Mount Rushmore dirancang dan dipahat oleh seniman keturunan Denmark-Amerika, Gutzon Borglum, dan putranya, Lincoln Borglum.

Tentu saja bukan hanya mereka berdua yang memahat monumen raksasa itu. Ayah dan anak tersebut dibantu oleh setidaknya 400 pekerja yang ikut memahat gunung granit tersebut. Proses pengerjaannya bahkan membutuhkan waktu 14 tahun, dari 1927 sampai 1941. Selama periode itu, para pekerja yang mengukir patung di puncak Mount Rushmore dalam kondisi bahaya, memahat 410.000 ton batu. 

Mount Rushmore memiliki ketinggian 1.745 meter di atas permukaan laut. Lokasi itu dipilih karena mempunyai batu granit berkualitas, dan karena menghadap ke arah tenggara, sehingga pahatan terkena paparan sinar matahari langsung. Ukiran wajah-wajah Presiden AS di gunung itu memiliki tinggi 18 meter.

Masing-masing kepala presiden itu tingginya hampir sama dengan bangunan enam lantai. Mata mereka selebar 3,3 meter, lebar mulutnya 5,5 meter, dan hidungnya sepanjang 6 meter. Hidung George Washington lebih panjang 50 cm dari yang lain. Ukurannya 6,3 meter dari atas ke bawah.

Dalam proses pengerjaan memahat Mount Rushmore, para pemahat melibatkan penggunaan dinamit, alat bor, dan lain-lain. Meski pekerjaan itu luar biasa sulit sekaligus berbahaya, tidak ada korban jatuh selama proses pengerjaannya.

Di belakang patung Abraham Lincoln, Gutzon Borglum menginginkan sebuah tempat yang disebut Hall of Record. Tempat itu selesai dibuat setelah 50 tahun kematiannya. Hall of Record berisi teks asli dan salinan dokumen penting Amerika Serikat, yang disimpan dalam kotak kayu, dan ditutup menggunakan batu granit seberat 540 kilogram.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 6994817259357794346

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item