Seberapa Dalam Kapal Selam Harus Menyelam agar Tak Terlihat?


Kapal selam diciptakan agar bisa menyelam ke kedalaman laut, dan tidak bisa terlihat dari permukaan. Di masa lalu, tujuan itu tercapai. Sayangnya, di masa sekarang, urusan kapal selam tidak semudah menyelam lalu tidak kelihatan.

Seberapa dalam kapal selam harus menyelam agar tidak terlihat? Sebenarnya, hanya menyelam sekitar 15 sampai 30 meter saja, kapal selam sudah tidak terlihat. Air laut mungkin tampak cerah atau bening saat dilihat dari permukaan, tapi sebenarnya gelap. Karenanya, kapal selam yang umumnya berwarna hitam bisa berkamuflase secara mudah setelah masuk ke dalam laut.

Tapi, meski tidak terlihat secara visual, kapal selam masih bisa terdeteksi oleh pesawat yang dilengkapi dengan sonoboya. Inilah yang membedakan masa lalu dengan masa sekarang.

Di masa lalu, kapal selam bisa dibilang benar-benar aman, karena tidak terlihat dan tidak terdeteksi. Tapi di masa kini, kapal selam mungkin memang tak terlihat, tapi akan tetap bisa terdeteksi, khususnya oleh pesawat yang dilengkapi sonoboya.

Sonoboya adalah sonar yang bisa dijatuhkan dari ketinggian, dan mengapung selama beberapa jam di permukaan air. Sonar ini akan mengirim informasi ke pesawat. Karena hal itu, meski menyelam ratusan meter di kedalaman laut, kapal selam tetap akan “terlihat” meski tidak dengan mata kepala.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Iptek 1697664113554992974

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item