Apa yang Akan Terjadi jika Kita Meminum Air Laut?

Ilustrasi/merdeka.com
Kita pasti pernah mendengar pesan atau peringatan agar jangan pernah meminum air laut, bahkan jika sangat terpaksa. Misalnya terdampar di tempat asing yang tanpa penduduk dan tanpa air, atau terombang-ambing di tengah laut tanpa air minum. Dalam kondisi semacam itu, bagaimana pun orang butuh bertahan hidup, yang salah satunya adalah memenuhi kebutuhan air untuk tubuh.

Bahkan dalam kondisi semacam itu, kita tetap dilarang meminum air laut. Kenapa? Karena meminum air laut bisa menewaskan kita dengan cepat, jauh lebih cepat jika dibandingkan kalau kita tidak minum sama sekali.

Apa yang akan terjadi, jika kita nekat meminum air laut?

Seperti yang kita tahu, air laut mengandung garam yang sangat tinggi. Garam dalam air laut itu akan menyebabkan dehidrasi pada tubuh kita dengan sangat cepat, dan ginjal dalam tubuh kita—perlahan tapi pasti—akan gagal membuang kelebihan garam tersebut. Setelah itu, organ-organ tubuh kita, seperti ginjal tadi, perlahan tapi pasti akan ikut kolaps.

Itulah kenapa, seperti yang disebut tadi, meminum air laut bisa menyebabkan kita tewas, jauh lebih cepat dibanding jika kita tidak minum sama sekali.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 5240907313834399916

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item