Benarkah Pilot dan Kopilot Tidak Boleh Makan Menu Sama?

Ilustrasi/pixabay.com
Berkendara dengan pesawat terbang jauh berbeda dengan berkendara menggunakan bus atau mobil. Jika sopir bus mengalami sakit mendadak, hingga tiba-tiba tidak bisa lagi menyetir, urusannya bisa dibilang tidak terlalu merepotkan. Karena, bagaimana pun, bus atau mobil itu ada di darat. Masalah terberat, mungkin, hanyalah menimbulkan kemacetan di jalan raya.

Tapi bagaimana jika hal semacam itu terjadi pada pesawat terbang? Bagaimana jika pilot pesawat terbang mendadak sakit, dan tiba-tiba tidak bisa lagi mengendalikan pesawat yang sedang melaju di udara? 

Karena pertimbangan hal semacam itulah, ada semacam kebijakan di industri pesawat terbang, agar pilot dan kopilot tidak memakan menu yang sama selama penerbangan. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, semisal mengalami masalah akibat masakan yang dimakan, dari perut melilit akibat sambal pedas sampai kemungkinan keracunan.

Bagaimana pun, pilot dan kopilot bertanggung jawab memastikan penumpang selamat sampai tujuan. Jadi, mereka akan sangat hati-hati, termasuk dalam mengonsumsi makanan selama penerbangan. Jika salah satu dari mereka mengalami sakit akibat makanan yang bermasalah, setidaknya seorang yang lain bisa menggantikan, dan penerbangan tidak sampai mengalami kendala.

Urusan menu makan yang berbeda antara pilot dan kopilot sebenarnya bukan aturan baku, namun sebagian besar maskapai penerbangan punya aturan internal terkait hal itu. Umumnya, pilot juga diminta menghindari makanan seperti ikan mentah, sebelum dan selama penerbangan, untuk menghindari dampak yang tidak diinginkan selama menjalani tugas.

Lalu bagaimana jika, umpamakan saja, pilot dan kopilot kebetulan menginginkan menu makanan yang sama? Bisa jadi pilot makan rendang yang tampak lezat, dan kopilot yang melihatnya juga ingin makan rendang? 

Jika hal semacam itu yang terjadi, mereka akan diizinkan untuk menikmati menu masakan yang sama, tapi harus dimakan di waktu berbeda. Intinya, pilot maupun kopilot menyadari tanggung jawab mereka bersama dalam penerbangan yang dilakukan, dan mereka pun bertanggung jawab untuk memastikan penumpang selamat sampai tujuan. 

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 6542095685250249943

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item