Mengapa Zodiak Pisces Dilambangkan Dua Ikan Berenang?

Ilustrasi/pixabay.com
Pisces adalah zodiak untuk orang yang lahir pada 19 Febuari sampai 20 Maret. Zodiak Pisces dilambangkan dua ikan yang berenang dalam arah berbeda. Bagaimana asal usul lambang itu?

Seperti zodiak-zodiak lainnya, zodiak Pisces juga berakar pada mitologi Yunani. Asal usul lambang Pisces berawal dari peperangan Zeus melawan ayahnya sendiri, yaitu Kronos, yang dibantu anak-anak Gaia. 

Zeus berhasil memenangkan peperangan itu, namun Gaia lalu melakukan balas dendam dengan menciptakan sesosok monster mengerikan bernama Typhon, yang disebut monster terbesar dan paling mengerikan yang pernah ada.

Typhon lalu mendeklarasikan perperangan ke semua Dewa Olympus, dan para dewa berusaha menyembunyikan diri mereka dengan cara menyamar. Zeus menyamar sebagai domba jantan, Hera menyamar sebagai sapi putih, Artemis menyamar sebagai kucing, Ares menyamar sebagai babi hutan liar, dan seterusnya. 

Yang terakhir adalah Dewi Cinta dan Kecantikan, yaitu Aphrodite, dan anaknya, Eros. Seperti para dewa lain, Aphrodite dan anaknya juga menyamar dengan cara menyelam ke kedalaman laut, dan mengambil bentuk dua ekor ikan. 

Singkat cerita, setelah Typhon dikalahkan, semua dewa kembali ke wujud asalnya. Aphrodite, yang merasa berterima kasih pada ikan karena telah meminjamkan bentuk mereka, lalu meletakkan penggambaran dua ikan di langit malam. Itulah asal usul lambang zodiak Pisces mendapatkan tempat di rasi bintang, dan menjadi zodiak terakhir dalam mitologi zodiak Yunani.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Mitologi 1428553268026591944

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item