Di Mana Sebenarnya Johann Gottfried Herder Lahir?

Ilustrasi/herder-institut.de
Johann Gottfried Herder adalah filsuf Polandia. Ia lahir pada 25 Agustus 1744, dan tanggal lahir itu telah pasti. Namun, tempat lahirnya memiliki dua versi. Versi pertama menyebut Johann Gottfried Herder lahir di Mohrungen, Prusia Timur, sementara versi kedua menyebut Johann Gottfried Herder lahir di Morąg, Polandia. Manakah yang benar?

Sebenarnya, kedua versi itu sama-sama benar, hanya berbeda dalam istilah geografis modern. Versi pertama menyebut Johann Gottfried Herder lahir di kota Morąg, pada 1744, yang pada waktu itu merupakan bagian dari Provinsi Prusia Timur di Kerajaan Polandia-Lituania.

Setelah Perang Dunia II, Morąg dan wilayah sekitarnya menjadi bagian dari negara Polandia, setelah ditetapkan oleh perjanjian Potsdam pada 1945. Sejak saat itu, kota tersebut secara resmi dikenal sebagai Morąg, dan terletak di provinsi Warmia-Masuria di Polandia.

Karena itu, menyebut Herder lahir di Mohrungen, Prusia Timur, atau Morąg, Polandia, keduanya benar. Namun, jika ingin menyebut lokasi lahir Herder sesuai negara modernnya, maka Morąg, Polandia, adalah yang benar.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 3534787348231267519

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item