Mengapa Ian Kasela Selalu Pakai Kacamata Hitam?

Ilustrasi/tribunnewswiki.com
Di salah satu bukunya, Raditya Dika pernah menulis—dengan nada gila—bahwa kalau Ian Kasela membuka kacamata hitamnya, bumi akan meledak, dan dunia akan kiamat. Sampai sekarang, saya masih cekikikan tiap kali mengingat itu (bangsat bener imajinasinya.)

Well, kenyataannya, Ian Kasela, vokalis band Radja, memang identik dengan kacamata hitam. Sebenarnya bukan hanya Ian Kasela, para personil band Radja yang lain juga sering tampak memakai kacamata hitam. Namun, karena Ian adalah vokalis, yang menjadi front terdepan band, ia lebih banyak mendapat sorotan.

Jadi, mengapa Ian Kasela selalu pakai kacamata hitam?

Ian Kasela dan Moldy (gitaris band Radja) pernah diundang di podcast Rhoma Irama, dan mereka berdua menceritakan asal usul kacamata hitam itu. Dulu, menurut cerita Ian dan Moldy, ketika band Radja mulai masuk dapur rekaman, mereka mencari-cari ciri khas yang unik, yang akan membedakan mereka dengan band-band yang lain.

Pada era 2000-an, ketika Radja masuk industri musik, band-band Indonesia memang sedang tumbuh subur. Karenanya, ketika Radja masuk industri rekaman, mereka hanya satu di antara banyak band lain yang waktu itu sudah eksis. Bagaimana cara agar Radja bisa dikenal di antara banyak band yang waktu itu sudah ada?

Latar belakang itu menjadikan para personil Radja, khususnya Ian, memikirkan cara agar mereka memiliki keunikan tersendiri, ciri khas yang akan diingat para penikmat musik. Dari situlah lalu mereka menemukan ide untuk memakai kacamata hitam, sebagai pembeda dengan band-band lain. Kenyataannya, kita pun mengenal band Radja dengan ciri khas itu.

Sebegitu identik band Radja dengan kacamata hitam, menurut cerita Moldy di podcast Rhoma Irama, sampai ada perusahaan kacamata yang mengontrak Ian Kasela agar memakai kacamata hitam dengan brand tertentu. Kontrak itu belakangan mewajibkan Ian tetap memakai kacamata hitam, meski di video klip. Sekarang kita paham kenapa Ian Kasela tampaknya memang tidak pernah lepas dari kacamata hitam.

Jadi, kacamata hitam yang menutupi mata para personil band Radja, khususnya Ian Kasela, bukan karena ingin menyembunyikan suatu “cacat” tertentu pada mata, tapi semata-mata karena ingin memiliki ciri khas, dan belakangan karena kontrak dengan suatu brand kacamata.

Belakangan, Ian Kasela pernah tampil beberapa kali di depan umum, tanpa kacamata hitam yang jadi ciri khasnya, dan, seperti kita tahu, bumi tidak meledak, dan dunia masih baik-baik saja. Kita patut bersyukur untuk itu.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Entertainment 4955969712702418913

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item