Bagaimana Asal Usul Lahirnya Industri Film di Dunia?

Ilustrasi/semilir.co
Pada 1895, di Paris, Prancis, dua saudara bernama Auguste dan Louis Lumière memperkenalkan sebuah inovasi baru yang disebut "Cinematographe". Meskipun mereka bukan orang pertama yang menciptakan alat untuk merekam dan menampilkan gambar bergerak, Cinematographe adalah salah satu inovasi pertama yang dapat merekam, memproyeksikan, dan mereproduksi gambar bergerak dengan mudah.

Pada 28 Desember 1895, Lumière bersaudara memperkenalkan penemuan mereka di sebuah kafe di Boulevard des Capucines di Paris. Mereka menampilkan sebuah film pendek berjudul "Sortie de l'usine Lumière à Lyon" (Keluar dari Pabrik Lumière di Lyon). Film pendek tersebut menampilkan para pekerja keluar dari pabrik Lumière di Lyon, dan telah menjadi film pertama yang pernah diputar di depan publik.

Sejak saat itu, Lumière bersaudara mulai membuat film-film pendek lainnya, dan memperkenalkannya ke publik. Mereka mengirim sinematografer mereka ke seluruh dunia untuk merekam gambar-gambar dari tempat-tempat eksotis dan acara-acara penting. Film-film pendek seperti "La Mer", "Le Repas de Bébé", dan "L'Arroseur arrosé", jadi populer di seluruh dunia dan menjadi bagian dari sejarah perfilman.

Penemuan itu kemudian mengalami perkembangan yang pesat, dan dibawa ke berbagai negara. Film yang terkenal dan pertama kali diproduksi dari negara-negara berbeda juga tercatat dalam sejarah, seperti "The Great Train Robbery" (1903) dari Amerika Serikat, "Fantômas" (1913) dari Prancis, dan "Orochi" (1925) dari Jepang. Setiap negara memiliki pengaruh dan perkembangan yang berbeda terhadap industri film, sehingga muncul berbagai genre dan gaya film yang berbeda.

Secara umum, film yang dianggap pertama di dunia adalah "Sortie de l'usine Lumière à Lyon", yang diproduksi oleh Auguste dan Louis Lumière pada tahun 1895. Meskipun film tersebut hanya berdurasi sekitar 45 detik, namun ini adalah awal dari industri film yang sangat besar dan berkembang pesat.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Entertainment 884043154314067966

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item