Bagaimana Asal Usul Pangsit yang Populer di Indonesia?

Ilustrasi/detik.com
Banyak orang Indonesia mungkin mengira bahwa pangsit adalah kuliner khas Indonesia, karena sering ditemui dalam kombinasi dengan hidangan lain seperti bakso atau mie ayam. Namun, sebenarnya pangsit berasal dari daratan China. Dalam bahasa China, pangsit dikenal sebagai wonton, yang memiliki arti "menelan awan".

Pangsit dinamakan demikian karena memiliki bentuk seperti gumpalan, berwarna putih, dan sangat lembut. Wonton umumnya diisi daging atau sayuran. Di China, wonton juga sering diisi potongan ikan laut. Isian pangsit dibungkus dengan adonan tepung terigu yang dicetak tipis.

Pangsit biasanya direbus dan dapat langsung disajikan dengan hidangan lain, tetapi juga dapat digoreng setelah direbus. Di China, pangsit umumnya disajikan dengan sup atau digunakan sebagai lauk, dan kadang-kadang juga dikonsumsi secara mandiri.

Di Indonesia, pangsit mengalami modifikasi menjadi makanan kering yang renyah. Ada pangsit dengan isian dan tanpa isian. Pangsit goreng umumnya berbentuk segiempat dan tidak memiliki isian, sedangkan pangsit dengan isian memiliki bentuk seperti perahu memanjang.

Selain itu, terdapat juga pangsit rebus yang biasanya digunakan sebagai pelengkap hidangan bakso, dengan isian daging dan campuran tepung kanji.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Makanan & Minuman 2062280829864176979

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item