Apa yang Dimaksud Karang Hermatifik?

Apa yang Dimaksud Karang Hermatifik? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Karang hermatifik adalah karang yang dapat membentuk bangunan karang, yang dikenal menghasilkan terumbu, dan penyebarannya hanya ditemukan di daerah tropis.

Karang hermatifik bersimbiosis mutualisme dengan zooxanthellae, yaitu sejenis alga uniseluler (Dinoflagellata unisuler), semisal Gymnodinium microadriatum, yang terdapat pada jaringan-jaringan polip binatang karang, dan melakukan fotosintesis.

Dalam simbiosis, zooxanthellae menghasilkan oksigen dan senyawa organik melalui fotosintesis yang akan dimanfaatkan oleh karang, sedangkan karang menghasilkan komponen inorganik berupa nitrat, fosfat, dan karbon dioksida, untuk keperluan hidup zooxanthellae.

Hasil samping dari aktivitas itu adalah endapan kalsium karbonat yang struktur dan bentuk bangunannya unik. Ciri itu akhirnya digunakan untuk menentukan jenis atau spesies binatang karang.

Karang hermatifik memiliki sifat yang khas, yaitu perpaduan antara sifat hewan dan tumbuhan, sehingga arah pertumbuhannya selalu bersifat fototropik positif.

Umumnya, jenis karang ini hidup di perairan pantai/laut yang cukup dangkal, tempat pancaran cahaya matahari masih sampai ke dasar perairan tersebut. Selain itu, binatang karang membutuhkan suhu air yang hangat berkisar antara 25-32 derajat Celcius untuk hidup.

Selain karang hermatifik, ada pula karang ahermatifik, yaitu karang yang tidak menghasilkan terumbu. Karang jenis ini merupakan kelompok yang tersebar luas di seluruh dunia.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sains 2849615980956812637

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item