Apa yang Dimaksud Peristiwa Y2K?

Apa yang Dimaksud Peristiwa Y2K? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/gettyimages.com
Pergantian tahun dari 1999 ke 2000 memunculkan kehebohan yang disebut Year 2000 Problem atau Y2K (Year 2 Kilo).

Kehebohan itu berawal dari kemungkinan kesalahan penghitungan oleh komputer yang disebabkan sistem penyimpanan tanggal yang hanya menyediakan dua digit untuk tahun, dengan asumsi kedua digit pertama adalah “19”.

 Hal itu dilakukan pada tahun 1960-an, ketika komputer pertama dirancang untuk menghemat media penyimpan. Karena itu, ketika tahun baru 2000 tiba, komputer diperkirakan tidak dapat menunjukkan tanggal 1 Januari 2000, melainkan akan kembali ke 1 Januari 1900.

Kekhawatiran itulah yang kemudian menyulut banyak kehebohan, hingga memunculkan istilah “millennium bug” atau kutu milenium.

Kekeliruan yang terjadi pada komputer itu juga dikhawatirkan akan menyebabkan bencana besar, karena komputer juga digunakan untuk mengatur fasilitas-fasilitas penting seperti PLTN dan pesawat terbang. Sebagai akibatnya, banyak perusahaan di dunia yang segera mengadakan pembaruan di bidang komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat keras, untuk mencegah hal itu.

Meski pada akhirnya kekhawatiran tersebut tidak sampai menimbulkan bencana yang memakan korban jiwa, namun ada banyak masalah yang terjadi akibat kekeliruan perhitungan komputer di atas. Di Delaware, AS, mesin slot di beberapa arena balap Delaware mati total karena penanggalan komputer menjadi 1 Januari 1900. Di Paris, Prancis, peta cuaca kacau ketika melewati tahun 1999, karena penanggalan komputer menjadi tahun 19100.

Di Sidney, Australia, mesin tiket di beberapa bus tiba-tiba macet. Di Tokyo, Jepang, peristiwa Y2K menyebabkan gangguan pada beberapa PLTN. Di Amerika, delapan pembangkit listrik di kawasan timur mengalami masalah pada sistem jam di komputernya, ketika melewati tengah malam GMT.

Sementara di Jakarta, Indonesia, display yang dipasang Bank Indonesia sempat mengalami kekeliruan dalam membaca tahun—ketika melewati pukul 00.00 WIB, display tersebut tidak menunjukkan angka 2000, tetapi ke angka 1900.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 5398540717148571833

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item