Siapakah Desmond Tutu?

Siapakah Desmond Tutu? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/portonews.com
Dilahirkan di Klerksdorp, Transvaal, pada 7 Oktober 1931, Desmond Mpilo Tutu adalah seorang teolog asal Afrika Selatan, yang juga aktivis terkenal pada era 1980-an sebagai penentang apartheid. Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, menyatakan kekagumannya pada Tutu dengan menyebut Tutu sebagai “orang yang tidak pernah takut untuk menyuarakan suara mereka yang tidak dapat bersuara”.

Pada 7 September 1986, Desmond Tutu dinobatkan sebagai Uskup Agung Cape Town, dan menjadi uskup gereja Anglikan pertama yang berkulit hitam.

Setelah jatuhnya rezim apartheid pada 1994 dan berkuasanya Kongres Nasional Afrika atau ANC (African National Congress), Tutu sering menggunakan frasa Rainbow Nation (Bangsa Pelangi) untuk menggambarkan keragaman di Afrika Selatan. Meski sistem apartheid telah resmi dihapus pada tahun 1990, namun situasi di Afrika Selatan masih belum lepas dari masalah kemanusiaan.

Karenanya, dalam visi Tutu, umat manusia memiliki tugas untuk berekonsiliasi demi menyembuhkan dan memulihkan keadaan setiap pribadi, kehidupan sosial, ekonomi, dan politik, sesuai dengan kehendak Tuhan terhadap manusia, yaitu kedamaian.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 8507704126100747446

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item