Siapakah Michel Foucault?

Siapakah Michel Foucault? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/times.com
Paul-Michel Foucault adalah filsuf Prancis, sejarawan, intelektual, kritikus, dan sosiolog. Semasa hidupnya, ia memegang kursi jabatan di Collège de France, berkat karyanya, “History of Systems of Thought” (Sejarah Sistem Pemikiran), serta mengajar di Universitas California Berkeley.

Lahir pada 15 Oktober 1926 di Poitiers, Paris, Foucault paling dikenal dengan penelitian tajamnya dalam bidang institusi sosial, terutama psikiatri, kedokteran, ilmu-ilmu kemanusiaan dan sistem penjara, juga karya-karyanya tentang sejarah seksualitas. Karyanya yang menelaah kekuasaan dan hubungan antara kekuasaan, pengetahuan dan diskursus, telah banyak diperdebatkan secara luas.

Foucault memperoleh gelar diploma dalam psikologi pada tahun 1952, dan tiga tahun kemudian ia mengajar di Universitas Uppsala, Swedia. Karya pertamanya berjudul “Histoire de la folie a l’age classique, Antropologie in pragmatischer Hinsicht” (Kegilaan dan Ketidakbernalaran: Sejarah pada Masa Klasik), yang dipresentasikan untuk menempuh gelar doktoralnya pada 1959, di bawah bimbingan Georges Canguilhem. Karya tersebut kemudian diterbitkan pada tahun 1961.

Pada tahun 1962, ia diangkat menjadi profesor filsafat di Universitas Clermont-Ferrand, lalu terpilih sebagai profesor di Universitas Paris pada 1967, dan setahun kemudian menjadi pimpinan di departemen filsafat di Vincennes. Pada tahun 1970, ia diangkat sebagai dosen Sejarah Sistem Pemikiran di Prancis, hingga saat meninggalnya pada 25 Juni 1984.

Kaya-karya Foucault di antaranya adalah “Madness and Civilization”, “The Birth of the Clinic”, “Death and The Labyrinth”, “The Order of Things”, “The Archaeology of Knowledge”, dan “The History of Sexuality”.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 5974942570882920298

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item