Kapan Kebangkitan Rakyat Azerbaijan?

Kapan Kebangkitan Rakyat Azerbaijan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/history.com
Kebangkitan rakyat Azerbaijan dimulai pada 31 Desember 1989.

Sebelumnya, pada abad ke-15, Azerbaijan menjadi bagian kekuasaan kerajaan Persia dari Dinasti Safawi, dan Islam tersebar luas di wilayah itu. Pemerintahan Safawi berakhir pada tahun 1722, dan kekuasaan lalu dipegang oleh penguasa-penguasa lokal.

Pada tahun 1917, pemerintahan Soviet dibentuk di Baku, namun setahun kemudian Dewan Nasional Azerbajian yang antikomunis memproklamasikan Republik Demokratik Azerbaijan.

Sejak itulah Azerbaijan menjadi nama sebuah negara di wilayah yang sebelumnya disebut sebagai “Kaukasus Muslim”. Namun republik itu hanya berdiri selama 23 bulan, karena jatuh ke tangan pendudukan Turki, lalu ke tangan Inggris.

Setelah Inggris keluar dari Azerbaijan pada tahun 1919, negara itu jatuh ke tangan Soviet. Pada tahun 1922, Azerbaijan dan beberapa negara kaukasus lainnya resmi dijadikan bagian Uni Soviet.

Ketika revolusi Islam terjadi di Iran pada 1978, rakyat Azerbaijan yang religius pun bangkit semangatnya untuk melawan pendudukan Uni Soviet. Pada tahun 1989, Azerbaijan melakukan pemberontakan melawan pemerintahan Soviet, dan perlawanan itu berlangsung cukup lama, namun Tentara Merah Soviet menggagalkan kebangkitan rakyat tersebut.

Akhirnya, pada tahun 1992, Azerbaijan berhasil menjadi negara yang independen dan tidak lagi menggunakan sistem komunis.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 4400795340262382594

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item