Kapan Berakhirnya Rezim Pol Pot?

Kapan Berakhirnya Rezim Pol Pot? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Akibat serangan Vietnam ke Kamboja, Pol Pot yang memimpin kelompok Khmer Merah dan berkuasa di Kamboja akhirnya terguling pada 7 Januari 1979. Pemerintahan pro-Vietnam, Hang Samarin, kemudian naik ke kursi kepresidenan.

Sebelumnya, Kamboja dipenuhi oleh pertikaian. Setelah lepas dari penjajahan Prancis pada 9 November 1953, Kamboja menjadi negara merdeka yang dipimpin oleh Raja Norodom Sihanouk. Kemudian, pada 1970, Sihanouk digulingkan dalam kudeta yang dilancarkan oleh Marsekal Lon Nol, yang lalu menghapuskan sistem kerajaan di Kamboja dan mengubahnya menjadi negara republik.

Sejak itulah Kamboja semakin kacau dan penuh konflik. Situasi itu kemudian dimanfaatkan oleh Khmer Merah yang beraliran komunis, untuk meraih kekuasaan. Kelompok itu dipimpin oleh Pol Pot. Perlahan namun pasti, Pol Pot beserta pendukungnya menguasai berbagai wilayah di Kamboja.

Pada 17 April 1875, Khmer Merah memasuki kota Phnom Penh, dan mereka membunuh sejumlah besar rakyat di sana yang dianggap pendukung rezim Lon Nol. Pol Pot dan pasukannya juga membunuh orang-orang yang bukan petani.

Ketika akhirnya Pol Pot berkuasa di Kamboja selama 44 bulan (dari tahun 1975 sampai 1979), sebanyak 1,7 juta warga Kamboja terbunuh.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 3235914818739832598

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item