Kapan Terjadinya Kecelakaan Nuklir di Three Mile?

Kapan Terjadinya Kecelakaan Nuklir di Three Mile? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/republika.co.id
Kecelakaan nuklir di pulau Three Mile, Amerika Serikat, terjadi pada 28 Maret 1979. Memang tidak seheboh kecelakaan nuklir Chernobyl di Uni Soviet, namun kecelakaan nuklir Three Mile adalah kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir terburuk dalam sejarah Amerika.

Ketika peristiwa itu terjadi, Amerika sedang mempersiapkan 59 reaktor nuklir lain yang juga akan dioperasikan. Namun, setelah peristiwa itu, semua reaktor yang ada dibatalkan pengoperasiannya.

Peristiwa bocornya reaktor nuklir di pulau Three Mile adalah perpaduan antara kerusakan teknis dan kesalahan manusia. Sebuah katup yang mengendalikan aliran air pada reaktor tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga air mulai keluar dari reaktor.

Akibatnya, reaktor menjadi terlalu panas, hingga suhunya lebih dari 5.000 derajat Fahrenheit (2.760 derajat Celcius), dan mengakibatkan ruang bahan bakar meleleh, menyebabkan gas radioaktif dan air terlepas ke wilayah itu.

Alarm yang seharusnya berbunyi waktu itu tidak berfungsi, sehingga kondisi di atas tidak segera diketahui. Hasilnya, separuh inti reaktor akhirnya terbongkar, dan tingkat radioaktif dalam sistem persediaan air utama mencapai 350 kali dari tingkat normal sebelum situsasi itu terjadi. Dibutuhkan waktu hingga 15 jam untuk membenahi kerusakan tersebut.

Kebocoran yang terjadi memang dinyatakan relatif kecil. Namun, meski begitu, kebocoran itu telah melepaskan radiasi ke atmosfer, dan pemerintah setempat segera meminta masyarakat untuk tetap tinggal di rumah mereka dengan jendela tertutup, hingga pihak berwenang bisa mengumumkan bahwa situasi tersebut telah berada di bawah kendali.

Meski kebocoran itu tidak terlalu parah, namun dibutuhkan waktu 11 tahun untuk membereskan kecelakaan tersebut, dan perbaikan itu memakan biaya hingga 973 juta dollar. Tidak ada korban tewas dalam kecelakaan itu, selain satu orang yang dinyatakan meninggal akibat kanker karena terpapar radioaktif dari reaktor yang bocor.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 3198531336536856683

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item