Siapa Penemu CT Scanner?

Siapa Penemu CT Scanner? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/howitworksdaily.com
CT Scanner, sebuah alat medis yang memungkinkan dokter dapat melihat struktur internal tubuh dari sayatan, ditemukan oleh Godfrey Hounsfield, ahli fisika Inggris. Penemuan itu terjadi pada 25 Agustus 1973.

Lahir pada 28 Agustus 1919, Sir Godfrey Newbold Hounsfield berdinas di RAF selama Perang Dunia II. Di akhir perang, ia masuk Faraday House Electrical Engineering College London, dan mendapatkan gelar diploma, lalu bekerja di perusahaan musik EMI. Ia adalah orang pertama yang membuat tomografi terkomputasi yang berdasarkan teori Allan M. Cormack. Namanya diabadikan dalam skala Hounsfield, ukuran kuantitatif untuk radiodensitas yang digunakan dalam mengevaluasi CT-scan.

Computed Tomography Scanner (CT Scanner) yang juga dikenal dengan nama Computerized Axial Tomography (CAT), Computerized Aided Tomography (CAT), Computerized Transverse Axial Tomography (CTAT), Recontructive Tomography (RT), dan Computed Transmission Tomography (CTT) adalah teknik pengambilan gambar dari suatu objek secara “sectional axial”, di mana berkas sinar mengitari objek.

Sinar-X yang digunakan menembus objek akan diteruskan ke detektor, dan kemudian Photomultiplier Tube mengubah sinar-X tersebut ke dalam bentuk sinyal-sinyal listrik, yang lalu diolah dalam bentuk data-data digital.

Data-data yang merupakan informasi komputer itu lalu direkontruksi, dan hasil rekontruksinya ditampilkan pada layar monitor berupa irisan tomografi dari objek yang dikehendaki, dalam bentuk ‘gray scale image’ atau skala dari hitam ke putih.

Pesawat CT Scan pertama kali dirancang pada tahun 1971 atas dasar tindak lanjut ide teori Dr. Hounsfield dengan prinsip kerja pesawat teknik tomografi. Pada waktu itu lingkup kerja pesawat CT Scan hanya terbatas pada pengambilan gambar-gambar diagnosis kepala secara scanner, sehingga pesawat CT Scan waktu itu disebut CT Head Scanner.

Pada tahun 1979, Godfrey Hounsfield dianugerahi Nobel Fisiologi/Kedokteran bersama Allan Cormack atas penemuannya tersebut. Ia meninggal dunia pada 12 Agustus 2004.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 8801735704478731954

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item