Siapakah Harry S. Truman?

Siapakah Harry S. Truman? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/britannica.com
Dilahirkan di Lamar, Missouri, 8 Mei 1884, Harry S. Truman adalah Presiden Amerika Serikat ke-33 (1945–1953). Sebelumnya, Truman menjabat sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat. Ia menggantikan Franklin D. Roosevelt setelah sang presiden wafat. Dialah orang yang bertanggung jawab atas pemboman kota Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945, yang kemudian mengakhiri Perang Dunia II.

Awal karir politik Truman berawal dari keikutsertaannya dalam Partai Demokrat. Pada tahun 1922, ia terpilih menjadi Jaksa Daerah meski ia bukan ahli hukum. Untuk menutup kekurangan tersebut, Truman mengikuti kuliah malam di sebuah Sekolah Tinggi Hukum selama dua tahun.

Ketika Perang Dunia II pecah, ia menjadi Ketua Panitia Penyelidik Perang di Senat, yang menyelidiki pemborosan uang negara dan korupsi. Diperkirakan dalam masa jabatannya tersebut ia telah menyelamatkan uang negara sebanyak 15 milyar dollar.

Ketika Franklin D. Roosevelt menjabat sebagai presiden Amerika pada 1944, Truman dipilih sebagai wakilnya. Ketika Roosevelt meninggal dunia pada 12 April 1945, Harry S. Truman diangkat menjadi presiden.

Sebagai presiden, Truman mengambil beberapa keputusan penting dalam sejarah. Setelah Jerman ditaklukkan dalam Perang Dunia II, Amerika Serikat mendesak Jepang agar menyerah, tapi Jepang menolak. Akhirnya, setelah berunding dengan para penasihatnya, Truman memerintahkan agar menjatuhkan bom di kota-kota di Jepang yang giat dalam usaha-usaha perang. Hiroshima dan Nagasaki adalah dua di antaranya.

Harry S. Truman meninggalkan Gedung Putih pada 1953, lalu menetap di kampung halamannya di Independence, Missouri, tempat dia dan istrinya tinggal sebelum ia menjadi presiden. Di sana ia menulis buku kenangan-kenangannya, hingga meninggal dunia pada 26 Desember 1972, dalam usia 88 tahun.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 6141065408005717944

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item