Kapan Konferensi Internasional Lingkungan Hidup Pertama?

Kapan Konferensi Internasional Lingkungan Hidup Pertama? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Konferensi Internasional Lingkungan Hidup pertama kali diadakan pada 5 Juni 1972. Sebanyak 1.300 utusan dari 113 negara di dunia berkumpul di Stockholm, Swedia, untuk mengikuti konferensi tersebut, dan konferensi pertama itu mengambil tema “Hanya Ada Satu Planet Bumi”.

Tujuan diadakannya konferensi tersebut untuk merumuskan program pembangunan perumahan yang memperhatikan masalah lingkungan hidup, serta pengontrolan atas bahan-bahan kimia yang dapat menimbulkan polusi terhadap lingkungan.

Sebelumnya, pada 22 April 1970, terjadi unjuk rasa besar-besaran di Fifth Avenue, New York. Pada waktu itu jutaan orang memadati jalan, dan mengacungkan tinju kemarahan kepada para perusak bumi.

Di dalam demonstrasi itu, lebih dari 1.500 perguruan tinggi dan 10.000 sekolah ikut berpartisipasi dalam unjuk rasa di New York, Washington, dan San Fransisco. Majalah Time memperkirakan sekitar 20 juta orang turun ke jalan pada hari itu, dan demonstrasi itu kemudian dikenal dengan sebutan “Revolusi Hijau”.

Konferensi internasional lingkungan hidup yang dilakukan di Stockholm, Swedia, pada 1972 itu merupakan respon positif atas demonstrasi di atas. Hasilnya, berdasarkan resolusi PBB, tanggal 5 Juni kemudian ditetapkan sebagai “Hari Lingkungan Hidup se-Dunia”.

Sejak itu, setiap tahun PBB mengusung tema-tema tertentu sehingga peringatan Hari Lingkungan Hidup lebih fokus dan terarah, sementara berbagai negara di dunia memperingati Hari Lingkungan Hidup dengan aneka macam kegiatan.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 1040572390444610664

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item