Kapan Lahirnya Apple Computer?

Kapan Lahirnya Apple Computer? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Apple Computer (yang sekarang dikenal sebagai Apple, Inc.) lahir pada April 1976, dan merupakan kekuatan utama dalam revolusi personal computer (PC), yang berlangsung di tahun ‘70-an dan ‘80-an. Revolusi itu bahkan terus berlangsung hingga kini, berkat inovasi yang terus dilakukan oleh para pengembang perusahaan tersebut.

Apple Computer didirikan oleh Steve Jobs bersama Steve Wozniak. Pada 1975, Steve Wozniak bekerja di Hewlett-Packard, dan membantu temannya, Steve Jobs, mendesain video game untuk perusahaan Atari.

Keuntungan yang mereka peroleh kemudian digunakan untuk membeli sebuah komputer sederhana, salah satu produk Call Computer pimpinan Alex Kamradt, untuk dipelajari mekanismenya. Setelah itu, mereka merakit sendiri komputer dengan suku cadang yang ada.

Komputer yang mereka rakit itu terdiri atas 24 baris dan 40 kolom, hanya menggunakan huruf kapital, menggunakan monitor berupa video teletype, dan dapat terhubung dengan Call Computer. Alex Kamradt merespon positif hal itu, dan bekerja sama dengan Steve Wozniak untuk menjual produk jadinya melalui firma dagang yang dimiliki Kamradt.

Sampai kemudian, ketika MOS Technology 6502 chip (sekarang baterai CMOS) dirilis pada 1976, Wozniak membuat program yang sesuai untuk chip tersebut dengan bahasa BASIC, dan mulai mendesain komputer yang mampu menjalankannya. Ia melakukan sedikit perubahan kecil agar chip baru tersebut dapat berjalan dengan baik.

Rancangan itu kemudian menyempurnakan komputer yang sebelumnya diproduksi Wozniak bersama Jobs. Karenanya, setelah itu, kedua orang tersebut lalu merancang jenis komputer baru, yang lalu menjadi cikal bakal komputer Apple. Untuk penyalurannya, Steve Jobs mendekati Paul Terrell, pemilik toko komputer lokal The Byte Shop. Ia menawarkan kerjasama penjualan komputer yang telah dirakit dengan baik menjadi satu kesatuan utuh (assembled).

Terrel bersedia menjualkan produk itu, dan menyatakan akan memesan 50 mesin komputer, dan membayar 50 dollar AS untuk setiap pengiriman. Jobs menyetujui tawaran itu, dan menghubungi Cramer Electronics, distributor peralatan elektronik skala nasional sebagai media partnernya. Dari situlah Apple I dilahirkan, yang kemudian menjadi fondasi perkembangan produk-produk Apple selanjutnya.

The Apple I, atau yang juga dikenal sebagai Apple-1, adalah awal komputer pribadi sekaligus nenek moyang semua komputer Apple pada masa selanjutnya. Komputer itu dirancang dan dibangun secara hand made oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs. Produk Apple pertama itu ditunjukkan pertama kali ke publik pada April 1976 di Homebrew Computer Club di Palo Alto, California, dan mulai dijual pada Juli 1976 dengan harga 666.66 dollar AS.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 5766227157371385210

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item