Siapakah Jawaharlal Nehru?

Siapakah Jawaharlal Nehru? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/zeenews.india.com
Jawaharlal Nehru adalah negarawan India yang pertama menjadi perdana menteri India dari tahun 1947 sampai 1964. Ia dilahirkan pada 14 November 1889.

Sebagai tokoh terkemuka dalam gerakan kemerdekaan India, Nehru terpilih oleh Partai Kongres untuk menjabat sebagai Perdana Menteri independen India yang pertama, dan terpilih kembali saat Partai Kongres memenangkan pemilihan umum pertama India pada tahun 1952. Sebagai salah satu pendiri Gerakan Non Blok, dia juga seorang tokoh penting dalam politik internasional di era pasca perang.

Bersama Mahatma Gandhi, ia aktif memperjuangan kemerdekaan India. Selain itu, Nehru giat mengantarkan India memasuki era modernisasi dalam ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi. Ketika menjabat sebagai perdana menteri, Nehru sangat memperhatikan pendidikan anak-anak di negaranya, dan dengan itu ia memprakarsai sekaligus mengawasi pembangunan banyak institusi pendidikan.

Ia menggratiskan pendidikan dasar anak-anak di India, dan mengawasi pembuatan program pendaftaran warga desa serta pembangunan ribuan sekolah. Lebih dari itu, ia juga mengeluarkan inisiatif dalam penyediaan susu gratis dan makanan untuk anak-anak, untuk memerangi kekurangan gizi.

Pusat pendidikan orang dewasa, sekolah kejuruan dan teknik, juga diselenggarakan untuk orang dewasa, terutama di daerah pedesaan.

Ketika Nehru meninggal dunia pada 27 Mei 1964 dalam usia 74 tahun, warga India pun berduka atas kepergiannya.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 4312538332092700196

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item