Kapan Berdirinya Tembok Berlin?

Kapan Berdirinya Tembok Berlin? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/rmol.id
Tembok Berlin didirikan pada 13 Agustus 1961 oleh pemerintah komunis Jerman Timur di bawah pimpinan Walter Ulbricht, untuk memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur.

Tembok pembatas itu juga dilengkapi dengan menara penjaga yang dibangun sepanjang tembok, juga pendirian sebuah daerah terlarang yang diisi ranjau anti kendaraan.

Pemerintah Jerman Timur menyatakan bahwa tembok itu dibangun untuk melindungi warganya dari elemen-elemen fasis yang dapat memicu gerakan besar, yang dikhawatirkan dapat membentuk pemerintahan komunis di Jerman Timur. Namun, dalam praktiknya, tembok itu didirikan untuk membatasi pelarian orang dari Jerman Timur ke Jerman Barat.

Sebelum tembok tersebut dibangun, ada sekitar 3,5 juta warga Jerman Timur yang bermigrasi dan membelot ke barat, salah satunya dengan melewati perbatasan Jerman Timur dan Jerman Barat, dan setelah itu mereka pun pergi ke negara Eropa Barat lainnya.

Antara tahun 1949 sampai 1961, lebih dari 2 juta penduduk Jerman Timur melarikan diri lewat Berlin. Hal itu kemudian membuat ekonomi Jerman Timur menjadi kacau, karena kebanyakan orang-orang yang masih muda melarikan diri.

Maka secara mendadak tembok itu pun dibangun. Hasilnya, antara tahun 1961 sampai 1969, tembok itu mampu mencegah atau setidaknya menekan upaya-upaya tersebut. Pada rentang waktu 30 tahun itu setidaknya ada sekitar 5.000 orang yang mencoba kabur, dan 100 sampai 200 orang di antaranya tewas karena ditembak.

Tembok Berlin mengurung Berlin Barat dan memotong kota ini persis di tengahnya, dan menjadi simbol Perang Dingin yang paling terkenal.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 5246609570989713662

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item