Siapakah Yuri Gagarin?

Siapakah Yuri Gagarin? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/tribunnews.com
Mayor Yuri Alekseyevich Gagarin adalah kosmonot Uni Soviet kelahiran 9 Maret 1934, yang merupakan manusia pertama yang terbang di luar angkasa. Pada 12 April 1961, dengan pesawat luar angkasa Vostok 1, Yuri Gagarin berada di orbit Bumi selama 108 menit.

Ia masih berusia 27 tahun ketika melakukan perjalanan bersejarah tersebut, dan prestasi itulah yang kemudian menjadikan Presiden Amerika, John F. Kennedy, terobsesi untuk mendaratkan astronot AS di Bulan.

Karena prestasinya, Yuri Gagarin banyak mendapat penghargaan dan medali kehormatan, termasuk medali “Hero of the Soviet Union”, dan berbagai penghargaan dari dunia international selain dari Rusia. Indonesia juga memberikan penghargaan untuknya dalam bentuk medali Mahaputra, ketika Presiden Soekarno mengunjungi Soviet pada tahun 1961.

Yuri Gagarin menjadi Deputi Direktur Pelatihan di Pusat Pelatihan Kosmonot di luar kota Moskow. Namun sayang ia tak dikaruniai umur panjang. Pada 27 November 1968 ia tewas ketika sedang melakukan latihan dengan pesawat MiG-15 dekat Moskow, karena pesawatnya terlalu tajam saat bermanuver menghindari sebuah balon cuaca. Untuk menghormati jasanya, tempat pelatihan yang dipimpinnya itu kemudian dinamakan dengan namanya.

Kini, perjalanan Yuri Gagarin menembus langit bukan hanya diakui sebagai bagian sejarah Uni Soviet yang telah pecah, namun juga bagian dari sejarah dunia. Pada 12 April 2010, perayaan memperingati jejak sejarah Yuri Gagarin diadakan di berbagai tempat di dunia—dari New York, Washington DC, Los Angeles, London, Tokyo, Moskow, Sydney, Beijing, Delhi, hingga Nairobi.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 2603929139811830878

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item