Kapan Lahirnya Masyarakat Ekonomi Eropa?

Kapan Lahirnya Masyarakat Ekonomi Eropa? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/prezi.com
Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) lahir pada 25 Maret 1957.

Seusai Perang Dunia II, Eropa mengalami masalah kemiskinan dan perpecahan. Usaha untuk mempersatukan Eropa sudah dilakukan, namun bisa dikatakan keberhasilannya bergantung pada dua negara besar, yaitu Prancis dan Jerman Barat.

Pada tahun 1950, Menteri Luar Negeri Prancis, Maurice Schuman, berkeinginan menyatukan produksi baja dan batu bara Prancis dan Jerman dalam wadah kerjasama yang terbuka untuk negara-negara Eropa lainnya, sekaligus mengurangi kemungkinan terjadinya perang.

Keinginan itu terwujud dengan ditandatanganinya perjanjian pendirian Pasaran Bersama Batu Bara dan Baja Eropa atau European Coal and Steel Community (ECSC) oleh enam negara, yaitu Prancis, Jerman Barat, Belanda, Belgia, Luksemburg, dan Italia. Keenam negara tersebut kemudian disebut The Six State.

Pendirian ECSC ditindaklanjuti dengan pertemuan di Messina pada 1 Juni 1955 yang menunjuk Paul Henry Spaak, Menteri Luar Negeri Belgia, sebagai ketua komite yang menyusun laporan tentang kemungkinan kerjasama di semua bidang ekonomi.

Laporan Komite Spaak berisi dua rancangan yang lebih mengintegrasikan Eropa, yaitu membentuk European Economic Community (EEC) atau Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE), dan membentuk European Atomic Energy Community (Euratom) atau Badan Tenaga Atom Eropa.

Rancangan Spaak itu lalu disetujui pada 25 Maret 1957 di Roma, dan kedua perjanjian itu mulai berlaku sejak 1 Januari 1958. Pada konferensi di Brussel tanggal 22 Januari 1972, Inggris, Irlandia, dan Denmark bergabung dalam MEE. Pada tahun 1981 Yunani juga masuk menjadi anggota MEE, yang kemudian disusul Spanyol dan Portugal.

Masyarakat Ekonomi Eropa bertujuan untuk menyusun dan melaksanakan politik perdagangan bersama serta mendirikan daerah perdagangan bebas di Eropa. Selain itu, MEE juga mengadakan kerja sama di bidang perdagangan dengan negara-negara Asean, termasuk Indonesia.

Dengan dibentuknya MEE, negara-negara Eropa mengikat kerjasama ekonomi yang lebih erat, dengan menghapuskan tarif pajak dan memberikan kebebasan perdagangan, penanaman modal, serta pertukaran tenaga kerja antara negara anggota.

Masyarakat Ekonomi Eropa merupakan awal dari dibentuknya Uni Eropa, yang kelak dibentuk pada tahun 1993.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 8564321212115030787

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item