Siapakah Steve Jobs?

Siapakah Steve Jobs? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, pada 24 Februari 1955, Steven Paul Jobs, atau yang populer disebut Steve Jobs, adalah seorang penemu dan tokoh bisnis terkemuka Amerika.

Jobs bersekolah di Cupertino Junior High School dan Homestead High School di Cupertino, California, dan sering menghadiri kuliah di Hewlett-Packard Company di Palo Alto, California. Ia kemudian dipekerjakan di sana, dan bekerja bersama Steve Wozniak, sebagai karyawan musim panas. Tahun 1972, Jobs lulus dari sekolah menengah atas, dan mendaftar masuk Reed College di Portland, Oregon.

Dua tahun kemudian, pada 1974, Jobs kembali ke California dan mulai menghadiri acara pertemuan Homebrew Computer Club bersama Wozniak. Ia juga bekerja sebagai teknisi di Atari, sebuah perusahaan pembuat berbagai permainan video populer.

Pada tahun 1976, bersama Steve Wozniak, Mike Markkula, dan Ronald Wayne, Steve Jobs mendirikan perusahaan Apple. Mereka merancang, mengembangkan, dan memasarkan komputer pribadi pertama yang sukses secara komersial, yaitu seri Apple II.

Ketika Apple terus meluas, perusahaan itu mulai mencari eksekutif berpengalaman untuk membantu mengelola ekspansinya. Mereka pun lalu merekrut Mike Scott dari National Semiconductor pada 1978, untuk menjabat sebagai CEO.

Dalam pertemuan pemegang saham tahunan Apple pada 24 Januari 1984, Jobs memperkenalkan Macintosh kepada hadirin yang sangat antusias, dan sejak itu Macintosh menjadi komputer kecil pertama yang sukses secara komersial.

Kesuksesan itu berakhir buruk bagi Jobs, karena pada akhir 1984 ia didepak dari perusahaan akibat keretakan hubungan kerja dengan pimpinan Apple. Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan NeXT, sebuah perusahaan pengembangan platform komputer yang berfokus dalam pasar pendidikan tinggi dan bisnis.

Setelah itu, pada 1986, ia mengambil alih divisi grafis komputer Lucasfilm Ltd., yang kemudian menjadi Pixar Animation Studios. Ia menjadi CEO dan pemegang saham terbesarnya, sebanyak 50,1 persen, sampai kemudian diambil alih oleh The Walt Disney Company pada 2006.

Pada tahun 1996, Apple membeli NeXT senilai 429 juta dollar AS. Kesepakatan itu membawa Jobs kembali ke perusahaan yang dulu ia dirikan, Apple. Ia kemudian menjadi CEO perusahaan tersebut sampai September 1997.

Setelah NeXT bergabung dengan Apple, sebagian teknologi perusahaan itu pun masuk dalam produk-produk Apple, terutama NeXTSTEP yang kemudian berubah menjadi Mac OS X. Di bawah pimpinan Jobs, perusahaan itu meningkatkan penjualannya dengan pesat melalui pengenalan iMac dan produk-produk baru lain.

Dalam perkembangannya kemudian, perusahaan itu mulai bercabang, memperkenalkan dan memperbarui peralatan digital lain. Lewat pemutar musik portabel iPod, perangkat lunak musik digital iTunes, dan iTunes Store, perusahaan itu merambah bidang elektronik dan distribusi musik.

Pada 2007, Apple memasuki bisnis telepon seluler melalui iPhone, sebuah telepon seluler dengan tampilan multi-sentuh yang juga memiliki fitur iPod, dan berhasil menjadi primadona dalam dunia seluler.

Atas karya-karyanya, Steven Jobs mendapatkan banyak penghargaan, di antaranya National Medal of Technology dari Presiden Ronald Reagan pada tahun 1984, dan Jefferson Award for Public Service pada tahun 1987.

Pada 27 November 2007, Jobs mendapatkan predikat sebagai “tokoh bisnis terkuat” dari Fortune Magazine. Sementara majalah Forbes menempatkannya di peringkat ke-57 sebagai “The World’s Most Powerful People” pada November 2009.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 6836352356021229235

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item