Kapan Kamboja Meraih Kemerdekaan?

Kapan Kamboja Meraih Kemerdekaan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/yoy.me
Kamboja meraih kemerdekaannya pada 17 April 1953.

Peradaban Kamboja telah mulai berkembang sejak abad 1 Masehi. Pada waktu itu, wilayah tersebut dikuasai oleh kerajaan Funan dan Chenla. Memasuki abad ke-3 hingga abad ke-5, kedua kerajaan itu bersatu untuk membangun Kamboja.

Namun, ketika upaya itu mulai stabil, kekuasaan keduanya runtuh ketika kerajaan Khmer dibangun dan berkuasa pada abad ke-9 sampai abad ke-13. Setelah itu, kerajaan Khmer bertahan hingga abad ke-15.

Memasuki abad ke-15, ketika kekuasaan Khmer mulai runtuh, kekuatan asing—Thai dan Vietnam—memasuki Kamboja. Selama tiga abad berikutnya, Khmer dikuasai oleh raja-raja dari Thai dan Vietnam secara bergilir. Pada pertengahan abad ke-19, penguasa Kamboja meminta bantuan kepada Prancis untuk membebaskan Kamboja.

Alih-alih memenuhi permintaan tersebut, Prancis memanfaatkan hal itu untuk menjadikan Kamboja sebagai kawasan protektorat, dan terus berkuasa di sana sampai tahun 1953. Setelah penjajahan Jepang pada tahun 1940-an, akhirnya Kamboja meraih kemerdekaannya, dan menjadi sebuah kerajaan konstitusional di bawah kepemimpinan Raja Norodom Sihanouk.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 4247090754496234864

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item