Kapan Deklarasi HAM Disahkan?

Kapan Deklarasi HAM Disahkan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/suarapalestina.com
Ide mengenai hak asasi manusia yang diterapkan hingga di masa kini, berakar dari era Perang Dunia II, di mana pembunuhan dan kerusakan yang amat parah terjadi di berbagai negara. Kerusakan kemanusiaan itu kemudian mencetuskan tekad untuk membangun dan membentuk sebuah organisasi internasional yang mampu meredakan krisis di dunia, serta menyediakan forum untuk berdiskusi dan mediasi.

Organisasi yang dilahirkan dari cetusan ide itu adalah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang kemudian memainkan peran besar dalam mengembangkan pandangan kontemporer tentang hak asasi manusia. Para pendiri dan anggota PBB meyakini bahwa kemungkinan terjadinya perang dapat dilakukan dengan adanya pencegahan atas pelanggaran terhadap hak-hak asasi manusia.

Lalu PBB menugaskan Komisi Hak Asasi Manusia untuk menyusun pernyataan internasional tentang hak-hak asasi manusia. Setelah itu, Komisi HAM menyusun pernyataan yang terdiri atas 30 pasal, yang secara garis besar berisi pandangan Majelis Umum PBB tentang jaminan hak-hak asasi manusia (HAM) untuk semua orang. Deklarasi itu disahkan oleh PBB pada 10 Desember 1948 di Palais de Chaillot, Paris.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 3756458654836057711

Posting Komentar

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item