Kapan Srilanka Meraih Kemerdekaan?

Kapan Srilanka Meraih Kemerdekaan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/insider.com
Srilanka meraih kemerdekaannya pada 4 Februari 1948.

Kelompok etnis pertama yang mendiami wilayah Srilanka berasal dari daratan India bagian selatan, yang mulai berdatangan ke sana pada abad ke-5 Sebelum Masehi. Mereka kemudian menetap di sekitar pesisir pantai sebelah barat. Di sana mereka membangun sarana irigasi, saluran air, dan membuka lahan pertanian, bahkan berdagang ke wilayah lain.

Memasuki awal Masehi hingga abad ke-12, kelompok etnis lain mulai berdatangan ke Srilanka, dan berdiam di sana. Pada abad ke-14, warga di sana pun telah berhasil mendirikan sebuah kerajaan, beserta ibu kotanya.

Pada abad ke-15, mulai terjadi upaya invasi dan perebutan kekuasaan, baik antar etnis di sana, maupun dari pihak luar. Pada abad ke-16, Srilanka menjadi jajahan Portugis, dan kemudian jatuh ke tangan Belanda. Setelah itu, pada tahun 1789, Inggris menduduki Srilanka setelah mengambil alih kekuasaan dari Belanda.

Sekitar tahun 1900, mulai tumbuh kesadaran nasionalisme di kalangan penduduk asli. Sembilan belas tahun kemudian, mereka membentuk sebuah kongres nasional (Ceylon National Congress). Dalam kongres itu mereka mengajukan sebuah rancangan konstitusi yang menyatakan bahwa penduduk asli berhak mendapatkan mayoritas kursi dalam pemerintahan.

Semenjak pecahnya Perang Dunia I, rakyat Srilanka telah berusaha memperjuangkan kemerdekaan negeri mereka. Hingga pada tahun 1931, Inggris terpaksa memberikan hak pilih kepada rakyat, dan terbentuklah parlemen Srilanka. Tetapi, dalam politik luar negeri, Inggris masih campur tangan, sehingga Srilanka belum merdeka seutuhnya.

Pada tahun 1947, Srilanka memperoleh kedaulatan penuh dari Inggris, dan ditetapkan sebagai salah satu negara persemakmuran. Pada tahun itu pula mereka mengadakan pemilihan umum pertama, untuk menetapkan siapa yang berhak menjalankan pemerintahan.

Dalam pemilihan umum tersebut Partai Persatuan Nasional (United National Party) memenangkan suara terbanyak. Satu tahun kemudian, Srilanka pun menjadi negara merdeka seutuhnya.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 524410625444010715

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item