Siapakah Mahatma Gandhi?

Siapakah Mahatma Gandhi? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/detik.com
Mohandas Karamchand Gandhi, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mahatma Ghandi, dilahirkan di Porbandar, Gujarat, India, 2 Oktober 1869. Dia adalah pemimpin spiritual sekaligus politikus India, dan merupakan orang paling penting dalam Gerakan Kemerdekaan India. Kiprahnya yang sangat terkenal di dunia internasional adalah “ahimsa”, yakni gerakan perlawanan tanpa kekerasan.

Pada 30 Januari 1948, dalam sebuah perjalanan di malam hari untuk berbicara pada publik di New Delhi, Gandhi tewas tertembak. Pembunuhnya adalah Nathuram Godse, seorang penganut Hindu radikal, yang kesal atas kebijakan politik yang diambil Gandhi dalam sengketa antara India dengan Pakistan. Mahatma Gandhi meninggal dunia pada 30 Januari 1948, dalam usia 78 tahun.

Bagi India, Gandhi adalah pahlawan besar yang ikut membantu kemerdekaan negeri itu dari jajahan Inggris. Bagi dunia internasional, Gandhi juga merupakan tokoh besar, bahkan menjadi inspirator para pemimpin pergerakan hak-hak sipil di seluruh dunia, termasuk Martin Luther King Jr. di Amerika Serikat.

Namun, meski begitu, Gandhi tidak pernah menerima penghargaan Nobel Perdamaian, meski dia telah dinominasikan lima kali, antara 1937 dan 1948.

Beberapa tahun kemudian setelah Gandhi tiada, hal itu disesali secara umum oleh pihak Komite Nobel. Hingga ketika Dalai Lama dianugerahi Nobel pada 1989, ketua umum Komite mengatakan bahwa itu adalah “sebuah upaya mengenang Mahatma Gandhi”.

Memorial Gandhi di New Delhi berisi prasasti bertuliskan “He Ram”, yang memiliki arti “Oh, Tuhan”. Itu adalah kata terakhir yang diucapkan Mahatma Gandhi ketika tewas tertembak.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 2221095501667592035

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item