Apa yang Dimaksud Perjanjian Sekutu-Poros?

Apa yang Dimaksud Perjanjian Sekutu-Poros? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Perjanjian Sekutu-Poros adalah kesepakatan damai yang ditandatangani pada 10 Februari 1947, oleh negara-negara yang tergabung dalam blok Sekutu dan blok Poros selama Perang Dunia II.

Penandatangan perjanjian damai tersebut adalah negara-negara pemenang perang, yaitu Amerika, Inggris, Uni Soviet, dan Prancis, serta negara-negara yang kalah perang, yaitu Italia, Polandia, Finlandia, Bulgaria, Hungaria, dan Rumania. Perjanjian yang penting adalah perjanjian Sekutu dengan Jerman, dan Sekutu dengan Jepang.

Jerman merupakan negara penting dari pihak Poros yang hancur dalam Perang Dunia II. AS, Uni Soviet, dan Inggris, membicarakan tentang pembagian Jerman, denazifikasi, dan demiliterisasi Jerman. Perjanjian Sekutu-Jerman ditentukan oleh Harry S. Truman (Presiden Amerika Serikat), Josep Stalin (Presiden Uni Soviet), dan Clement Richard Attlee (Perdana Menteri Inggris).

Sedangkan Perjanjian Sekutu-Jepang berisi kesepakatan bahwa kepulauan Jepang untuk sementara diperintah oleh tentara pendudukan Amerika Serikat, Kepulauan Kuril dan Sakhalin Selatan diserahkan kepada Uni Soviet, sedangkan Manchuria dan Taiwan diserahkan kepada Cina. Selain itu, penjahat perang harus dihukum, dan Jepang harus membayar ganti rugi perang.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 3667769785113076709

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item