Kapan Perang Dunia II Berakhir?

Kapan Perang Dunia II Berakhir?  Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/nawacita.co
Perang Dunia II benar-benar berakhir pada 2 September 1945. Empat bulan setelah Jerman menyerah dalam Perang Dunia II, Jepang pun menyerah kalah setelah negeranya dibom oleh Amerika.

Pada 19 Agustus 1945, pejabat-pejabat Jepang berangkat ke Manila, untuk bertemu Komandan Tertinggi Pasukan Sekutu Douglas MacArthur dan menerima pengarahan singkat tentang rencana pendudukan atas Jepang.

Pada 28 Agustus, 150 personel militer Amerika Serikat diterbangkan ke Atsugi, Prefektur Kanagawa, dan pendudukan Amerika atas Jepang pun dimulai. Setelah itu, USS Missouri sampai ke Jepang, bersama kapal-kapal pengiring yang mendaratkan Divisi Marinir IV di pantai selatan Kanagawa, disusul personel lainnya di kemudian hari.

Jenderal MacArthur tiba di Tokyo pada 30 Agustus, dan segera mengeluarkan beberapa undang-undang, yang antara lain larangan atas personel Sekutu menyerang rakyat Jepang, dan larangan memakan makanan penduduk Jepang yang cuma sedikit.

Upacara resmi penyerahan Jepang berlangsung pada 2 September 1945 ketika wakil-wakil dari Kekaisaran Jepang menandatangani Dokumen Kapitulasi Jepang di Teluk Tokyo, di atas kapal USS Missouri. Shigemitsu membubuhkan tanda tangan sebagai wakil pemerintah sipil, sementara Jenderal Umezu membubuhkan tanda tangan sebagai wakil militer. Dengan menyerahnya Jepang, maka Perang Dunia II benar-benar berakhir.

Setelah upacara resmi di atas kapal Missouri tersebut, penyelidikan-penyelidikan mengenai kejahatan perang Jepang segera dimulai. Dalam sebuah pertemuan dengan Jenderal MacArthur pada bulan September, Kaisar Hirohito menawarkan diri untuk menanggung semua kejahatan perang, namun tawaran itu ditolak, dan Hirohito tidak pernah dituntut. Prosedur hukum untuk Pengadilan Militer Internasional Timur Jauh dikeluarkan pada 19 Januari 1946.

Selain 14 Agustus dan 15 Agustus, tanggal 2 September 1945 kemudian juga dirayakan sebagai Hari Kemenangan atas Jepang (V-J Day). Di Jepang, tanggal 15 Agustus diperingati sebagai Hari Peringatan Berakhirnya Perang (Shuusen-kinenbi) dengan nama resmi “Hari Nasional Berkabung untuk Korban Tewas dalam Perang dan Berdoa untuk Perdamaian”.

Di Korea, 15 Agustus diperingati sebagai Gwangbokjeol, dan Australia memperingatinya sebagai Hari Kemenangan di Pasifik (V-P Day). Sementara Presiden Truman menyatakan 2 September sebagai V-J Day.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 2001060699689160855

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item