Kapan Spanyol Menjadi Republik?

Kapan Spanyol Menjadi Republik? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Pada mulanya, Spanyol menganut sistem kerajaan. Namun, akibat pemerintahan Raja Alfonso XIII yang otoriter, rakyat pun bersatu melawannya. Ketika Alfonso mengundurkan diri akibat tekanan rakyat, berdirilah pemerintahan republik di Spanyol. Peristiwa itu terjadi pada 12 April 1932.

Sebelumnya, kerajaan Spanyol mengalami masa kejayaan sebagai imperium dunia, dan menguasai hampir seluruh benua Amerika. Namun, memasuki abad ke-16 dan 17, kejayaan Spanyol mulai surut.

Kegagalannya dalam mengikuti arus revolusi industri dan perdagangan mengakibatkan Spanyol makin tertinggal dibanding negara-negara Eropa lainnya seperti Inggris, Jerman, dan Prancis. Hal itu makin diperparah dengan sikap Raja Alfonso XIII, penguasa waktu itu, yang memerintah dengan otoriter.

Sampai kemudian, setelah pecah perang saudara selama 1936-1939, Jenderal Fransisco Franco naik sebagai pemimpin republik Spanyol. Ketika Franco meninggal pada 1975, Spanyol kembali ke bentuk kerajaan dengan memproklamirkan Juan Carlos I sebagai Raja Spanyol pada November 1975.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 412886059233677413

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item