Kapan Uang Logam Pertama kali Digunakan?

Kapan Uang Logam Pertama kali Digunakan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/jadimandiri.org
Uang logam telah digunakan pada abad ketujuh Sebelum Masehi, dan bangsa Lydia dikenal sebagai pembuat uang logam pertama di dunia. Mereka adalah bangsa yang tinggal di Asia Kecil, namun dikenal sebagai bangsa yang kaya dan kuat.

Uang logam buatan mereka pertama kali dibuat menggunakan electrum, suatu bahan yang merupakan campuran alami antara emas dan perak (dengan komposisi 75 persen emas dan 25 persen perak). Uang logam itu disebut “stater” atau “standard”, dan ukuran serta bentuknya seperti kacang polong.

Kemudian, orang Yunani melihat uang logam buatan bangsa Lydia tersebut, dan menghargai kegunaannya. Maka mereka pun membuat uang logam mereka sendiri, yang kemudian bertahan hingga 500 tahun.

Dalam sejarah, uang logam pernah dibuat dari emas murni, dan dinilai sebagai mata uang yang paling berharga. Uang logam jenis ini bertahan hingga tahun 1933.

Kemudian, di bawahnya, uang logam juga pernah dibuat menggunakan perak, dan uang logam jenis itu bertahan hingga tahun 1964. Uang logam jenis terakhir dibuat menggunakan tembaga, dan bertahan hingga saat ini.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 2166596796812869266

Posting Komentar

  1. uang logam dari emas disebut dinar oleh bangsa arab dulu. Sementara yang terbuat dari perak disebut dirham.
    1 Dinar = 4.25gram emas 22K
    1 Dirham = 3.0gram perak tulen

    BalasHapus
  2. Tengkyu atas tambahannya yang te-o-pe. Yang kayak gini ini yang aku tunggu-tunggu! :D

    BalasHapus
  3. bacalah Alkitab kristiani. maka akn mndapatkan info lebih luas.

    BalasHapus

emo-but-icon

Terbaru

Banyak dibaca

item