Kapan Volkswagen Diluncurkan Pertama kali?

Kapan Volkswagen Diluncurkan Pertama kali? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/emichvw.com
Volkswagen (biasa disingkat VW) adalah sebuah pabrikan otomotif di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman, yang didirikan oleh Serikat Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront) pada tahun 1937. Nama Volkswagen sendiri mempunyai arti “mobil rakyat”. Sementara logonya, yang berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang lingkaran, diciptakan oleh Franz Reimspiess, melalui sebuah kompetisi yang dimenangkannya.

Sampai pada awal 1930-an, pabrikan otomotif Jerman masih banyak terdiri dari pabrikan mobil mewah, dan rata-rata orang Jerman tidak bisa membeli lebih dari sebuah. Pada waktu itulah kemudian Adolf Hitler menyatakan akan membuat sebuah “mobil rakyat”.

Pada 23 Juni 1934, Adolf Hitler memberikan order kepada Ferdinand Porsche untuk membangun sebuah konsep mobil sederhana. Hitler menginginkan sebuah mobil standar dengan kapasitas untuk 2 orang dewasa dan 3 anak, dan berkecepatan 100 km/jam (62 mil/jam), serta mengkonsumsi bahan bakar 14 km/liter, dengan harga tak lebih mahal dari sepeda motor berkereta samping. Hasilnya kemudian adalah Volkswagen yang diperkenalkan ke dunia pada 26 Februari 1936

Ketika Jerman kalah pada Perang Dunia II, tentara Inggris mengambil alih pabrik Volkswagen yang waktu itu hancur berantakan terkena bom. Kemudian, pada 1948, pemerintah Inggris menyerahkan perusahaan itu kembali kepada Jerman, dan perusahaan itu lalu diatur oleh bekas kepala Opel, Heinrich Nordhoff.

Pada masa sekarang, Volkswagen merupakan merek asli dari Volkswagen Group, yang juga membawahi beberapa merek mobil lain seperti Audi, Bentley Motors, Bugatti Automobiles, Automobili Lamborghini, SEAT, Škoda Auto, dan sebuah pabrikan kendaraan komersial, Scania. Pasar utama perusahaan ini adalah Eropa. Pada tahun 2009, Supervisory Board dari Volkswagen AG mengesahkan pendirian sebuah grup otomotif yang terintegrasi dengan Porsche di bawah naungan Volkswagen.

Motto Volkswagen saat ini adalah Das Auto (atau The Car dalam bahasa Inggris). Sedang motto sebelumnya adalah Aus Liebe zum Automobil (Kecintaan kepada Mobil).

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 7425492369447102421

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item